by

Hari Pertama Masuk Kerja Usai Libur Lebaran, Kantor Samsat Pontianak dan Kubu Raya Dipadati Wajib Pajak

KalbarOnline, Pontianak – Usai libur lebaran, Kantor Samsat Pontianak dan Kubu Raya langsung ramai dipadati wajib pajak yang akan membayar pajak kendaraan bermotor hingga memenuhi ruang tunggu yang disediakan.

Rata-rata mereka mengurus perpanjangan masa laku Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) 5 tahunan, Senin (9/5/2022).

Menyikapi hal itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Pendapatan Daerah (PPD) Pontianak Wilayah I Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) lantas menambah jam kerja di semua unit-unit yang melayani pembayaran pajak khusus hari ini.

“Pelayanan Samsat untuk hari ini memang cukup tinggi. Khusus hari ini kita berikan ekstra layanan di semua unit-unit yang melayani pembayaran pajak. Pelayanan pun kita bagi, di Samsat difokuskan untuk pelayanan ganti plat dan perpanjang STNK lima tahunan,” kata Kepala UPT PPD Pontianak Wilayah I Bapenda Kalbar Edy Gunawan saat ditemui di Kantor Samsat Pontianak.

Sedangkan pembayaran pajak tahunan, kata Edy Gunawan, bisa dilakukan di unit layanan lain seperti di outlet di depan Kantor Samsat Pontianak, drive thru (Museum Kalbar), Samsat Keliling dan gerai Bank Kalbar yang tersebar di Pontianak dan Kubu Raya.

“Dari pantauan kami memang di semua unit layanan mengalami lonjakan, karena masyarakat menghindari denda administrasi yang dapat dikenakan terhadap pajak mereka. Karena itu khusus hari ini kita berikan ekstra layanan yang biasanya hanya sampai pukul 14.00 WIB, tapi hari ini sampai pukul 15.00 WIB,” kata Edy Gunawan.

Buka pelayanan di malam hari

Dalam kesempatan itu Edy Gunawan turut mengungkapkan bahwa pihaknya akan membuka pelayanan malam hari khusus untuk drive thru dan Samsat Keliling pada Selasa besok, 10 Mei 2022.

BACA JUGA:  Ini Komoditas Bahan Pokok yang Bakal Dikenakan Pajak

Pelayanan malam tersebut dalam rangka memudahkan masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu di siang hari dikarenakan rutinitas harian.

“Mungkin di siang hari masyarakat bekerja, jadi kita buka pelayanan di malam hari. Pelayanan ekstra di malam hari ini mungkin animonya tidak seramai yang kita harapkan, tapi ini dimaksudkan agar masyarakat bisa melaksanakan kewajibannya,” kata Edy Gunawan.

Edy mengungkapkan bahwa jam pelayanan malam khusus untuk drive thru di Museum Kalbar akan dimulai pada pukul 19.30 sampai 21.00 WIB.

Demikian halnya waktu pelayanan malam Samsat Keliling yang akan ditempatkan di titik-titik keramaian yakni di Xing Mart Sungai Raya Dalam dan Taman Akcaya.

“Tapi untuk layanan perpanjangan lima tahunan tetap harus ke Samsat. Kalau pajak tahunan bisa di semua unit layanan,” pungkasnya.

Comment