Mulyadi Imbau Jamaah Salat Id Depan Kantor Wali Kota Pontianak Datang Lebih Awal

Jamaah Diminta Tetap Kenakan Masker

KalbarOnline, Pontianak – Lapangan tempat pelaksanaan Salat Id 1443 Hijriyah depan Kantor Wali Kota Pontianak Jalan Rahadi Oesman tengah dipersiapkan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak, Minggu, 1 Mei 2022.

Diawali dengan penyemprotan air oleh petugas damkar, kemudian disusul pengecatan garis-garis saf oleh pekerja.

Di sisi kiri kanan juga terpampang spanduk-spanduk imbauan bertuliskan ‘Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, Jangan Lupa Pakai Masker’ dan ‘Luruskan Barisan Saf’.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak Mulyadi menerangkan, pelaksanaan Salat Id di lapangan depan Kantor Wali Kota tahun ini diperkirakan akan dipadati ribuan jamaah.

Pasalnya, saat ini sudah ada kelonggaran-kelonggaran aktivitas termasuk pelaksanaan Salat Id di lapangan tanpa menerapkan jarak sebagaimana yang diberlakukan tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan kasus Covid-19 sudah menurun. Meski demikian, jamaah diminta tetap mengenakan masker.

“Saya minta panitia mempersiapkan segala sesuatunya termasuk yang berkaitan dengan protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan dan masker,” ujarnya saat meninjau lapangan yang akan dijadikan tempat pelaksanaan Salat Id.

Baca Juga :  Safari Dialogis di Nanga Mau, Midji Norsan Didukung Tokoh Dayak dan Didoakan Pendeta

Mulyadi mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berencana melaksanakan Salat Id di depan Kantor Wali Kota agar bisa datang lebih awal. Sebab pelaksanaan ibadah Salat Id mulai dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB.

“Jadi kita berharap jamaah datang lebih awal sehingga pengaturan saf lebih rapi. Bagi jamaah yang baru datang diharapkan segera mengisi saf yang kosong,” imbaunya.

Untuk memecah konsentrasi masyarakat yang biasanya memenuhi satu atau dua titik lokasi pelaksanaan Salat Id seperti di lapangan Jalan Rahadi Oesman dan Masjid Raya Mujahidin, ia mempersilakan rumah-rumah ibadah yang ada di lingkungan masyarakat untuk menggelar Salat Id.

“Tujuannya agar sebaran jamaah Salat Id tidak hanya menumpuk di satu atau dua tempat saja,” ungkapnya.

Ketua Umum PHBI Kota Pontianak Yaya Maulidia menyatakan, pada H-1 Idul Fitri 1443 Hijriyah, pihaknya melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan Salat Id di lapangan depan Kantor Wali Kota.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Apresiasi Kejuaraan Bola Voli Kapolda Kalbar Cup 2023

Persiapan yang dilakukan di antaranya pembersihan lapangan dengan penyemprotan air, pengecatan garis-garis saf, mimbar untuk khatib, sound system, fasilitas protokol kesehatan, spanduk-spanduk imbauan dan sebagainya.

“Kami berharap pelaksanaan Salat Id besok berjalan tertib dan lancar,” tuturnya.

Meski pelaksanaan Salat Id tahun ini tidak lagi memberlakukan jarak antar jamaah, namun ia mengingatkan jamaah Salat Id tetap mengenakan masker.

Selaku panitia, pihaknya juga akan mempersiapkan masker bagi jamaah yang tidak membawa masker.

“Kami akan persiapkan thermogun, masker, fasilitas untuk tempat cuci tangan, termasuk bantuan penyediaan sarana toilet cabin dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar,” jelasnya.

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Yusnaldi menuturkan, pelaksanaan Salat Id 1443 Hijriyah di depan Kantor Wali Kota akan digelar pada Senin, 2 Mei 2022. Waktu pelaksanaannya akan dimulai pukul 06.00 WIB.

“Adapun yang bertindak sebagai khatib adalah Syech Anas Said Azzobi dan imam oleh H Abdul Syukur Mustafa,” tutupnya. (J)

Comment