Dinas Kesehatan Kalbar Siagakan 191 Puskesmas 24 Jam untuk Melayani Pemudik

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 191 Puskesmas dengan layanan 24 jam disiagakan Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar untuk melayani masyarakat yang melaksanakan mudik Idulfitri.

191 Puskesmas tersebut dilengkapi dengan fasilitas 115 ruang rawat inap, dan 76 ruangan non rawat inap.

Terlebih H-2 lebaran di Kalbar ini, arus lalu lintas mulai mengalami peningkatan. Untuk itulah puskesmas-puskesmas disiagakan untuk para pemudik yang membutuhkan pertolongan kesehatan.

Baca Juga :  Aliansi Mahasiswa Ampera Kalbar Sebut Gubernur Sutarmidji Inkonsisten Soal Omnibus Law

“191 Puskesmas ini berada di jalur mudik, dilengkapi 115 ruang rawat inap, dan 76 ruangan non rawat inap,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Hary Agung Tjahyadi, Sabtu, 30 April 2022.

Puskesmas yang disiagakan itupun dipastikan Hary Agung diperkuat dengan personel yang kompeten dan siap melayani 24 jam dengan sistem piket.

Selain puskesmas, Dinas Kesehatan Kalbar juga menyiagakan 55 rumah sakit dan Public Safety Center (PCS) di lima kabupaten/kota di Kalbar yang dapat menjadi rujukan bagi pemudik yang butuh penanaganan medis intensif.

Baca Juga :  Update Cakupan Vaksinasi Covid-19 Kalbar 24 April 2022

“Dalam pos layanan terpadu, petugas kesehatan kami juga akan memberikan layanan kesehatan kepada pemudik,” kata Hary Agung.

Hary Agung turut mengimbau para pemudik untuk betul-betul memerhatikan protokol kesehatan. Terutama penggunaan masker. Mengingat belum pandemi Covid-19 belum berakhir.

Comment