by

Resmikan Apotek Uncak Kapuas Farma, Fransiskus Diaan: Bukti Perumda Bangkit dari Tidur

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Perumda Uncak Kapuas membuka usaha Apotek Uncak Kapuas Farma di Kota Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Apotek itu diresmikan oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, Rabu, 27 April 2022.

Bupati Fransiskus Diaan menuturkan bahwa Perumda Uncak Kapuas sudah lama tertidur dan ini bukti bahwa Perumda bangkit kembali. Kehadiran apotek tentunya adalah strategi untuk peningkatan kesehatan masyarakat.

“Saya berharap usaha ini lebih baik dan maksimal ke depannya,” tegas Fransiskus Diaan.

Fransiskus Diaan berpesan agar Dinas Kesehatan, RSUD dan Puskesmas bisa berhubungan baik dengan apotek Uncak Kapuas Farma terkait pemenuhan obat-obatan.

Bila harga murah dan secara aturan diperbolehkan, ini hendaknya bisa diterapkan pihak-pihak terkait.

“Ini untuk kepentingan masyarakat dan keuntungan daerah,” ucap Fransiskus Diaan.

Bupati yang akrab disapa Bang Sis ini juga berharap hadirnya Apotek Uncak Kapuas Farma bisa menstabilkan harga obat di Putussibau, dengan menyajikan obat yang lengkap dan harga yang lebih murah. Apalagi di apotek ini ada pelayanan antar online untuk masyarakat di sekitar Putussibau.

“Semoga masyarakat bisa terbantu dengan hadirnya apotek ini,” tegas Bang Sis.

Di samping itu, Fransiskus Diaan merespon terkait pemaparan Perumda Uncak Kapuas tentang ada beberapa rencana bisnis yang sudah diprogramkan. Ada usaha apotek, penginapan dan jasa penyebrangan.

“Lokasi penyebrangan dan apotek di Semitau sudah kami tinjau, namun saya pesankan fokus dulu satu bisnis agar berjalan baik, baru ke bisnis lain,” pesannya.

Fransiskus Diaan menegaskan agar badan usaha di Kapuas Hulu bisa lebih baik dalam pengembangan usaha. Ini penting untuk peningkatan PAD.

“Bukan hanya di Perumda Uncak Kapuas dan PDAM saja yang harus bagus tapi PT. UKM juga,” Fransiskus Diaan.

BACA JUGA:  Bupati Sis Apresiasi Kepeduliaan Pemuda Katolik Sukseskan Program Vaksinasi

Sementara Direktur Perumda Uncak Kapuas Iman Shabirin menuturkan, peresmian apotek ini adalah kerja nyata, awal bangkitnya Perumda yang telah lama tidur.

Adanya apotek ini adalah salah satu wujud Pemerintah ambil andil dalam pelayanan masyarakat melalui perusahaan ‘plat merah’.

“Apotek ini mempunyai moto harga hemat, warga sehat, Kapuas Hulu HEBAT,” ucapnya.

Dalam layanan apotek, kata Iman, pihaknya menyediakan layanan antar ke rumah. Walau malam, obat tetap siap antar dan ada nomor WhatsApp yang bisa dihubungi.

“Kami lebih menekankan visi pelayanan dan Insyaallah harga obat lebih murah. Kami juga berharap Dinkes dan RSUD, Puskesmas ada kerjasama dengan kami,” tuturnya.

Iman menambahkan, rencananya tahun ini pihaknya bisa membuka usaha feri penyeberangan dan minimal satu apotik lagi di Semitau. Setelah Semitau nanti apotek dibangun di Badau dan Boyan Tanjung.

“Ini sudah survey dan layak untuk buka apotek,” ujarnya.

Comment