Pererat Silaturahmi, Ikkramat Gelar Buka Puasa Bersama Zuriat Kerajaan Matan

KalbarOnline, Ketapang – Silaturahmi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Khusus di momen puasa Ramadan ini, buka bersama menjadi salah satu agenda wajib untuk mempererat tali silaturahmi.

Hal itu terlihat dalam acara buka puasa bersama (Bukber) Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Matan Tanjungpura (Ikkramat) yang berlangsung di Keraton Matan, Kelurahan Mulia Kerta, Kecamatan Benua Kayong, Minggu kemarin.

Dewan Mangku Ikkramat Uti Royden Top mengatakan, acara doa dan buka puasa bersama ini dihadiri oleh segenap zuriat dan sesepuh Kerajaan Matan.

Baca Juga :  Kapolres Tinjau Pengamanan Misa Jumat Agung di Gereja Katedral Santa Gema Galgani Ketapang

“Kegiatan ini selain sebagai wadah silaturahmi juga untuk mempererat memperekat jalinan silaturahmi keluarga Kerajaan Matan,” ucap Uti Royden Top.

Pererat Silaturahmi, Ikkramat Gelar Buka Puasa Bersama Zuriat Kerajaan Matan
Dewan Mangku Ikkramat Uti Royden Top saat menyulut meriam Padam Pelite milik Keraton Matan (Foto: Adi LC/KalbarOnline.com)

Ada peristiwa yang unik saat kegiatan buka puasa bersama Ikkramat ini, yakni penyulutan meriam meriam Padam Pelite milik Keraton Matan oleh Ketua Dewan Mangku Ikkramat, Uti Royden Top sebagai tanda waktu berbuka puasa. Ia menyebut hal itu merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya kerajaan.

“Penyulutan, peledak meriam Padam Pelite itu hanya dilakukan di momen-momen tertentu saja, hanya saat acara resmi keraton,” kata Uti.

Baca Juga :  Mantan Ketua PDIP Ketapang Dorong Bawaslu Ambil Putusan Tegas

Uti Royden Top menambahkan, Keraton Matan Tanjungpura mempunyai sepasang meriam Padam Pelite. Benda pusaka bersejarah itu disimpan rapi di ruang khusus. Meski telah berusia ratusan tahun meriam tersebut masih aktif hingga kini.

“Ada dua, ada yang lelaki dan perempuan, kebetulan yang kita letupkan ini yang laki-laki, kalau yang perempuan agak kecil. Usianya sudah ratusan tahun, kita rawat dengan baik. Nanti mungkin yang perempuan juga akan kita gunakan dalam momen selanjutnya,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment