Dorong Keterlibatan Pemuda dalam BUMDes, Sutarmidji: Demi Kemajuan Ekonomi Desa

Safari Ramadan di Galing Sambas

KalbarOnline, Sambas – Di hari terakhir kunjungannya di Kabupaten Sambas, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji bersama Bupati Satono melakukan Safari Ramadan di Masjid Al-Ikhlas, Dusun Kota Lama, Desa Ratu Sepudak, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, Sabtu, 23 April 2022.

Dalam kesempatan itu Sutarmidji mengajak warga Dusun Kota Lama dapat menggerakkan roda perekonomian melalui BUMDes untuk memotong mata rantai distribusi dari produsen ke konsumen.

“Libatkan anak muda untuk mengelola BUMDes. Tetapi, harus yang betul-betul serius mengelolanya. Supaya ketika ada warga yang perlu bantuan uang tunai, dia bisa meminjam di BUMDes,” kata Sutarmidji.

Baca Juga :  Ria Norsan Sebut Robo-robo Dorong Perkembangan Pariwisata di Kalbar

Sutarmidji bilang, hal-hal seperti itu yang seharusnya dikelola oleh BUMDes. Misalnya, BUMDes yang mengelola beras dan kebutuhan-kebutuhannya termasuk untuk jenis usaha lainnya.

“Saya berharap ekonomi desa bisa maju jika BUMDes-nya maju karena saya melihat indeks kekuatan sosial dan ekonomi desa ini sudah bagus,” jelas Sutarmidji.

Terkait infrastruktur, Sutarmidji menegaskan bahwa jalan kabupaten merupakan tanggung jawab Bupati.

Namun, Sutarmidji berjanji akan memberikan anggaran berupa Program Padat Karya yang pengerjaannya dilaksanakan oleh masyarakat Desa Sepudak.

Baca Juga :  Warga Kampung Keramat Sambas Senang dapat Sembako Gratis

“Misalkan total anggaran Program Padat Karya senilai Rp2,5 miliar, saya sarankan agar menyisihkan Rp300 juta untuk upah gotong royong masyarakat, kemudian sisanya dibelikan bahan bangunan. Sebaiknya pembangunan jalan menggunakan beton agar dapat diperbaiki jika terjadi kerusakan,” pungkas Sutarmidji.

Dalam kesempatan itu Sutarmidji turut menyerahkan bantuan berupa 300 paket bahan pokok dan 2.000 helai masker untuk protokol kesehatan rumah ibadah kepada warga Dusun Kota Lama, Desa Ratu Sepudak, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas.

Comment