Ratusan Personel Gabungan Siap Amankan Lebaran di Ketapang

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2022

KalbarOnline, Ketapang – Polres Ketapang menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas Tahun 2022 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idulfitri.

Apel yang dilaksanakan di Halaman Mapolres Ketapang itu dipimpin Wakil Bupati Ketapang Farhan didampingi Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, Jumat, 22 April 2022.

Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan Farhan menyampaikan bahwa pelaksanaan Operasi Ketupat tahun ini dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai dengan 9 Mei 2022.

Perayaan Idulfitri tahun ini, Pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik sehingga hal ini meningkatkan eurofia warga dalam melakukan mudik untuk merayakan lebaran.

“Hal ini perlu disikapi bersama melalui langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait, agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idulfitri 1443 Hijriah, di mana percepatan vaksinasi serta pengamanan obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara menjadi fokus kegiatan Operasi Ketupat tahun ini,” kata Farhan.

Baca Juga :  Danlanal Cup Resmi Ditutup, Tim Bidas Ketapang Raih Juara

Farhan menambahkan, dalam pelaksanaannya, Operasi Ketupat tahun ini akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait untuk seluruh wilayah Indonesia.

Usai apel, Kapolres Ketapang melalui Kabag Ops Kompol Yafet menyampaikan, Polres Ketapang menerjunkan 80 personil Polres serta 97 personil gabungan dari instansi terkait untuk melaksanakan pengamanan selama kegiatan Operasi Ketupat 2022 di wilayah hukum Polres Ketapang.

Polres Ketapang juga menyiapkan pos pengamanan yaitu pos pengamanan pasar baru, pos pelayanan di simpang perempatan Bundaran Ale-Ale, serta pos pelayanan terpadu di Bandara Rahadi Oesman Ketapang.

Baca Juga :  Panitia Pembangunan Masjid Babul Ihsan Sungai Awan Kiri Harap Campur Tangan Pemda Ketapang

“Selain tiga pos tadi, Polres Ketapang juga menyiapkan 4 pos pelayanan arus mudik di 4 titik di wilayah Ketapang, yaitu pos pelayanan di Kecamatan Matan Hilir Utara, pos pelayanan di Kecamatan Nanga Tayap, pos pelayanan Kecamatan Sandai serta pos pelayanan Kecamatan Simpang Hulu,” jelas Yafet.

Kabag Ops mengimbau masyarakat yang ingin melaksanakan mudik lebaran untuk mengikuti vaksin sampai tahap vaksin booster, di mana hal ini sebagai salah satu upaya mengantisipasi paparan virus Covid-19 selama pelaksanaan mudik lebaran.

Turut hadir Ketua DPRD Ketapang Febriadi, Danlanal Ketapang Letkol Laut Bambang, Pasi Ops Kodim 1203 Ketapang Lettu Inf Suyatno, Kepala BNPB Ketapang Yunifar, Kasat Pol PP Ketapang Muslimin serta personil gabungan dari Kodim 1203 Ketapang, Polres Ketapang, Kompi 643 Ketapang, Subden Brimob Ketapang, Satpol PP Ketapang, Dinas Perhubungan, serta BNPB Ketapang.

Comment