by

Operasi Ketupat Kapuas 2022, Polda Kalbar Siapkan Ribuan Personel Gabungan dan Puluhan Pos Pengamanan

KalbarOnline, Pontianak – Kepolisian Daerah atau Polda Kalimantan Barat (Kalbar) menyiapkan sebanyak 1.500 personel gabungan dalam Operasi Ketupat Kapuas 2022.

“Untuk personel yang dilibatkan ada 800 orang dari Polri, belum ditambah dari TNI, Pemerintah Daerah dan sebagainya,” kata Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro.

Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menyampaikan itu usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Kapuas 2022 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idulfitri di Mapolda Kalbar, Rabu, 20 April 2022.

“800 orang ini khusus personel Polda. Belum lagi di Polres-Polres,” kata Suryanbodo Asmoro.

Jumlah personel sebanyak itu yang nantinya akan diperkuat dengan personel gabungan dari TNI, Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainnya akan mengamankan beberapa lokasi sasaran utama.

Lokasi tersebut di antaranya tempat keramaian seperti mall, kawasan perumahan yang mungkin ditinggalkan penghuni yang melaksanakan mudik.

“Kemudian bandara, sebagai tempat kedatangan maupun pergi. Ini yang paling sentral. Di mana, masyarakat banyak yang datang secara bergantian mobilitasnya baik yang datang maupun pergi,” kata Suryanbodo.

Selain bandara, pihaknya juga akan menampatkan pos di pelabuhan laut dan sungai, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan jalur transportasi lainnya. Hal ini mengingat, lebaran kali ini diprediksi akan terjadi peningkatan pergerakan orang maupun barang melalui transportasi udara, laut, dan darat.

“Darat juga demikian, akan terjadi peningkatan mobilitas masyarakat yang tinggi,” kata Suryanbodo.

Selain itu pihaknya juga akan menyiapkan sebanyak 59 pos yang terdiri dari pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu yang didirikan oleh Polresta dan Polres jajaran Polda Kalbar.

“Untuk jumlahnya masih kami koordinasikan. Nanti akan ditentukan berapa jumlah posnya,” pungkas Suryanbodo.

BACA JUGA:  Sutarmidji Minta Kemaluan Tersangka Kasus Ayah Cabuli Anak Kandung Dipotong

Comment