by

Jelang Libur Lebaran, Bapenda Kalbar Imbau Warga Segera Bayar Pajak Kendaraan

Hindari Denda

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Pajak Daerah (PPD) Pontianak Wilayah I Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Edy Gunawan mengimbau seluruh wajib pajak kendaraan bermotor di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya untuk segera membayar pajak kendaraannya.

Hal ini untuk menghindari denda bagi para wajib pajak yang jatuh tempo bersamaan dengan masa cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah yang akan berlangsung pada 29 April hingga 8 Mei 2022.

“Untuk kendaraan bermotor yang jatuh tempo pada tanggal 29 April hingga 8 Mei 2022, paling lambat pembayaran dilakukan pada tanggal 9 Mei 2022. Lewat dari tanggal tersebut, maka akan terkena denda,” kata Edy Gunawan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 19 April 2022.

Edy Gunawan menyarankan para wajib pajak yang kendaraan bermotornya jatuh tempo bersamaan dengan tanggal cuti bersama agar membayar pajaknya lebih awal sebelum memasuki libur panjang tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari denda yang akan dikenakan kepada wajib pajak apabila membayar melewati tanggal 9 Mei 2022.

“Sebab pelayanan Samsat diliburkan mulai tanggal 29 April hingga 8 Mei 2022. Pelayanan akan mulai dibuka kembali pada hari Senin tanggal 9 Mei 2022,” terangnya.

Menurut Edy Gunawan, selain pembayaran pajak di loket-loket yang disediakan, pihaknya juga memberikan keleluasaan bagi wajib pajak untuk membayar pajak tahunan secara online, yakni melalui e-Samsat yang terdapat dalam mobile banking Bank Kalbar atau lewat aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) yang bisa diunduh di Playstore atau iOS di smartphone.

“Kalau untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor khusus perpanjangan STNK dan penggantian TNKB, hanya bisa dilakukan di Kantor Samsat terdekat,” pungkas Edy. (Jau)

BACA JUGA:  Ini Komoditas Bahan Pokok yang Bakal Dikenakan Pajak

Comment