Fathul Junaidi Terpilih Sebagai ASN Berakhlak 2022 Diskop UKM Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Fathul Junaidi, Aparatur Sipil Negara (ASN) terpilih menjadi ASN Berakhlak di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat.

Selain sudah dicanangkan oleh Pemprov Kalbar, pemilihan ASN Berakhlak ini sendiri merupakan inovasi dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar Anfridus yang melanjutkan program sebelumnya yakni pemilihan ASN Berprestasi di lingkungan Diskop UKM Provinsi Kalbar.

Pertama di tahun 2022, terpilih menjadi ASN Berakhlak Fathul tentu merasa bangga bisa terpilih menjadi ASN Berakhlak Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar yang ditunjuk langsung oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Memenngah (UKM) Provinsi Kalbar, Anfridus.

“Saya berharap muncul ASN Berakhlak lainnya. Sehingga prestasi kerja di Diskop lebih meningkat lagi,” ujar Fathul, kemarin.

Fathul berharap dirinya bisa bekerja lebih baik lagi. Menurutnya, terpilih sebagai ASN Berakhlak tidak menghentikan semangat untuk berkinerja baik. Karena itu semua ASN di lingkungan Diskop, kata dia, juga harus termotivasi untuk menjadi ASN Berakhlak dengan memiliki kinerja yang lebih baik lagi kedepannya.

Baca Juga :  Peringati Hari Batik Nasional, Tulis Batik Terpanjang se-Kalbar

“Sebenarnya saya bekerja tidak termotivasi harus terpilih menjadi ASN Berakhlak tapi saya selalu menjunjung tinggi cara kerja yang jujur, disiplin dan amanah terhadap semua pekerjaan yang diberikan kepada saya,” kata Fathul.

Ia sudah bergabung di Diskop UKM Provinsi selama 13 tahun dari tahun 2009 sejak diangkat menjadi ASN, dengan menggemban tugas sejak dulu menangani kepegawaian baik urusan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, ataupun usulan pensiun.

“Sekarang tugas yang tangani adalah absensi elektronik dan admin TPP, selain itu tugas lainnya setiap pukul  10.00 WIB pada Senin dan Rabu sebagai operator memutarkan lagu Indonesia Raya, Selasa dan Kamis memutarkan teks Pancasila. Semua saya lakukan penuh dengan rasa tanggung jawab,” kata Fathul.

Di tempat yang sama, Sekretaris Diskop UKM Provinsi Kalbar Ari Sulistianie mengatakan, Fathul sejatinya tidak tiba-tiba ditunjuk menjadi ASN Berakhlak di lingkungan Diskop UKM Kalbar.

Baca Juga :  Sudah WTP Tapi Masih Ada Saja Kesalahan Berulang, Sekda Kalbar: Itulah Pentingnya Core Value ASN Berakhlak

Ini merupakan inovasi Kadiskop UKM Provinsi yang sebelumnya dimulai dengan pemilihan ASN Berprestasi sejak tahun lalu yang diadakan pemilihan setiap bulan.

“Fathul ini berturut-turut mulai Juli terpilih menjadi ASN berprestasi, dan 2022 setelah Pemprov Kalbar melaunching ASN Berakhlak muncul ide Pak Kadis bahwa beliau menetapkan satu ASN yang bisa menjadi contoh bagi ASN lainnya di lingkungan Diskop UKM Provinsi,” kata Ari Sulistianie.

Ternyata setelah dievaluasi, Fathul tetap terpilih sebagai ASN Berakhlak di Diskop UKM Kalbar.

Lalu Syarif Edy Hermawan selaku Kepala Sub Bagian Umum dan Paratur Diskop UKM Provinsi mengatakan, kalau untuk penilaian khusus pegawai di Diskop UKM dilakukan berjenjang sesuai tupoksi masing-masing.

“Tapi di Aparatur Pak Fathul sangat luar biasa etos kerja tinggi, disiplin tinggi, datang awal pulangnya biasa paling terakhir untuk selesaikan pekerjaan lain. Saya harap PNS lain termotivasi dengan program Kadis ini,” tandasnya. (**)

Comment