Bangga Atas Capaian Perajin Tenun Sidan di INACRAFT 2022, Fransiskus Diaan: Kita Akan Bantu Cari Pangsa Pasar

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pencapaian perajin kain Tenun Sidan Kabupaten Kapuas Hulu di ajang INACRAFT Award tahun 2022 mendapat apresiasi dari Bupati Fransiskus Diaan.

Fransiskus Diaan mengapresiasi dan bangga atas pencapaian tersebut. Bagaimana tidak, pasalnya kain Tenun Sidan berhasil mendapatkan juara 1 kategori tekstil dan Kabupaten Kapuas Hulu mendapatkan penghargaan best of the best di ajang itu.

“Predikat yang luar biasa ini tentunya tidaklah mudah untuk kita sandang, karena dengan predikat ini Kapuas Hulu ke depannya harus siap membuat terobosan dan inovasi baru dalam bidang kerajinan,” kata Fransiskus Diaan, Rabu, 6 April 2022.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Deklarasikan Tiga Desa ODF di Kecamatan Embaloh Hulu

Fransiskus Diaan menyampaikan itu saat hadir dalam ramah tamah dengan para perajin se-Kabupaten Kapuas Hulu sekaligus memberikan reward kepada kelompok perajin Tenun Sidan “Bunga Ngerembai” yang meraih penghargaan best of the best pada ajang INACRAFT 2022 di Jakarta.

Fransiskus Diaan menegaskan, dukungan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Kapuas tidak hanya sebatas mensupport dari segi anggaran saja, tetapi akan membantu mencari pangsa pasar untuk penjualan tenun sidan.

“Langkah sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan mencintai produk lokal, menggunakan hasil kerajinan tersebut, selain itu saya sudah bertemu dengan pihak Alfamart dan Indomaret agar hasil kerajinan produk lokal bisa masuk di toko mereka,” kata Fransiskus Diaan.

Baca Juga :  Ria Norsan Minta Kapuas Hulu Selaraskan Program Pembangunan dengan Indikator IPM

Orang nomor 1 di Bumi Uncak Kapuas ini mengharapkan, ke depannya para perajin dapat lebih meningkatkan kualitas produksi hasil kerja yang lebih baik lagi sehingga dapat bersaing dengan daerah lainnya serta dapat mengikuti permintaan pangsa pasar.

“Untuk para perajin kain Tenun Sidan yang saat ini telah banyak menerima order dari berbagai pihak, dapat lebih mempersiapkan stok kain agar selalu tersedia dan dapat memberikan pelayanan pemasaran yang baik dan konsisten pada para pemesan, dalam artian dapat menyiapkan kain Tenun Sidan sesuai pesanan,” pungkasnya.

Comment