by

Rumah Betang di Laman Oras Melawi Hangus Terbakar

KalbarOnline, Melawi – Rumah Betang di Dusun Laman Oras, Desa Batu Badak, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi terbakar.

Dari informasi yang diperoleh, peristiwa kebakaran itu terjadi pada Minggu sore, 3 April 2022.

Namun hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak berwenang terkait penyebab kebakaran tersebut.

Sejumlah video amatir dan foto-foto terkait peristiwa itupun beredar di media sosial.

Seperti misalnya postingan akun Facebook Informasi Kecamatan Menukung. Pemilik akun mengunggah video yang turut dilengkapi dengan keterangan.

Rumah Betang di Laman Oras Melawi Hangus Terbakar
Potret Rumah Betang di Dusun Laman Oras (Foto: Istimewa)

“Kondisi sore tadi rumah betang laman oras desa batu badak kec.menukung,” tulis akun tersebut dikutip KalbarOnline.com, Senin, 4 April 2022.

Dikutip dari Wikipedia, Rumah Betang sendiri merupakan rumah adat di Kalimantan yang menjadi tempat tinggal suku Dayak yang ada di seluruh Pulau Kalimantan. Lazimnya Rumah Betang dapat banyak dilihat di perkampungan suku Dayak yang berada di sekitar hulu sungai.

Ciri khas dari rumah Betang adalah bentuknya yang memanjang lebih dari 100 meter menggunakan struktur kayu. Suku Dayak menempatinya secara komunal, yang terdiri atas puluhan keluarga.

Di Kalimantan Barat, rumah betang biasa disebut rumah panjang, rumah radakng, atau rumah panjai. Di Kalimantan Tengah, ada yang menyebutnya lewu.

Di Kalimantan Timur, ada yang menyebutnya lou atau lamin. Di Kalimantan Utara, rumah betang dikenal dengan lamin atau baloi. Sedangkan di Kalimantan Selatan di sebut Balai.

BACA JUGA:  Sebuah Kios BBM di Nanga Mahap Ludes Dilahap Si Jago Merah

Comment