Polres Ketapang Sidak Pasar Pastikan Ketersediaan dan Stabilitas Harga Sembako Saat Ramadan

KalbarOnline, Ketapang – Polres Ketapang melaksanakan pemantauan ketersediaan dan stabilitas harga sembako di wilayah Kabupaten Ketapang. Pemantauan itu dilakukan melalui pengecekan di gudang distributor serta pasar rakyat, Senin, 4 April 2022.

Kegiatan yang menyasar gudang distributor Pawan Jaya di Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Delta Pawan itu dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Ketapang AKP Muhammad Yasin.

Kasat Reskrim Polres Ketapang AKP Muhammad Yasin kalau pihaknya melakukan pendataan langsung ketersediaan minyak goreng dan beberapa bahan pangan di gudang tersebut.

“Dari hasil pengecekan di gudang distributor Pawan Jaya, kami datakan untuk stok minyak goreng masih mencukupi kebutuhan warga masyarakat Ketapang selama bulan Ramadan ini, untuk minyak goreng kemasan juga baru tiba dari Pontianak sebanyak 6 ribu karton sehingga dipastikan ketersediaan minyak goreng di Kabupaten Ketapang aman,” kata Yasin.

Baca Juga :  Teknologi Galaxy S24 Ultra Sajikan Pengalaman Visual Jernih Tak Tertandingi

Setelah dari gudang distributor, pengecekan dilanjutkan ke Pasar Melati di jalan Merdekan Ketapang. Di salah satu pasar terbesar di Kota Ketapang ini, Kasat Reskrim bersama anggota langsung menyambangi para pedagang sembako dan rumah pemotongan daging sapi untuk memastikan ketersediaan bahan pangan serta stabilitas harga.

“Dari hasil pengecekan, data yang kita dapat untuk stok minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah di Pasar Melati ini masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga masyarakat sehari-hari. Begitu juga untuk stok cabai, beras serta bahan bumbu lainnya, dapat kita sampaikan bahwa stok bahan sembako tersedia selama bulan Ramadan ini,” jelasnya.

Yasin menambahkan, untuk stok daging ayam dan daging sapi di pasar, masih dapat memenuhi kebutuhan warga pada bulan Ramadan.

Sedangkan komoditi daging sapi, mengalami sedikit kenaikan harga yaitu dari harga hari biasa sekitar Rp130 ribu, menjadi Rp140 ribu.

Baca Juga :  Polisi Ringkus Pelaku Jambret di Jalan Agus Salim Ketapang Kurang Dari 24 Jam

Menurut keterangan pedangan, kenaikan ini sudah merupakan hal yang wajar, mengingat permintaan daging sapi pada bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri meningkat.

“Polres Ketapang dan jajaran akan terus melakukan pemantauan stok sembako dan memastikan harga jual di pasaran tidak melebihi harga eceran tertinggi yang sudah ditetapkan pemerintah,” kata Yasin.

“Kami juga memastikan jalur distribusi sembako sesuai sasaran serta tidak adanya penimbunan sembako yang dilakukan oleh oknum tertentu untuk memperoleh keuntungan pribadi, maka dari itu kami imbau kepada warga masyarakat untuk tidak melalakukan panic buying atau fenomena memborong stok belanja, karena kami pastikan ketersediaan minyak, sembako dan daging kosumsi aman untuk di wilayah Kabupaten Ketapang,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment