Rita Hastarita: ASN Kalbar Harus Pegang Teguh Budaya Kerja BerAKHLAK

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Biro Organisasi Sekretariat Daerah menggelar Deklarasi ASN BerAKHLAK di Hotel Aston Pontianak, Kamis, 31 Maret 2022.

Nilai-nilai dasar BerAKHLAK merupakan budaya kerja yang harus dimiliki setiap Aparatur Sipil Negara (ASN).

BerAKHLAK sendiri merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Ini budaya kerja yang harus dimiliki oleh seluruh ASN Kalbar. Nilai dasar yang harus dipegang teguh seluruh ASN Kalbar,” kata Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalbar Rita Hastarita, Kamis, 31 Maret 2022.

Baca Juga :  Ria Norsan: Remaja Masjid Harus Punya Jiwa Entrepreneur

Rita Hastarita menjelaskan, ASN BerAKHLAK ini merupakan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar (core values) bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional.

“Ini dalam rangka meningkatkan kinerja seluruh ASN,” kata Rita.

Sejatinya, kata Rita, seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar telah menerapkan budaya kerja PRIMA (Profesional, Responsif, Integritas, Melayani, dan Akuntabel) yang diluncurkan pada tahun 2020 lalu.

“Jadi tidak hilang akan tetapi bertransformasi dari Prima ke Berakhlak, nilai-nilai dasarnya sama. Hanya saja dibuat selaras seluruh Indonesia. Karena berdasarkan arahan Presiden Jokowi, budaya kerja tidak boleh beda, sehingga harus sama semua ASN di Indonesia. Sehingga lahirlah BerAKHLAK,” kata Rita.

Baca Juga :  Sutarmidji Kembali Lantik 39 Pejabat Baru

Olehkarena itu Rita berharap, dengan digelarnya Deklarasi ASN BerAKHLAK ini, budaya kerja ASN di Kalbar dapat terus ditingkatkan.

“Karena untuk mencapai target-target kinerja diperlukan profesionalisme ASN dengan nilai-nilai dasar budaya kerja yang sama dan komitmen serta persepsi yang sama,” kata Rita. (Jau)

Comment