Mantan Sekretaris Dinas Perhubungan Kapuas Hulu Tersangka Korupsi Proyek Terminal Bunut Hilir

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Mantan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu berinisial G ditetapkan menjadi tersangka korupsi proyek pembangunan Terminal Bunut Hilir Tahun Anggaran (TA) 2018.

Saat itu, G diketahui merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Dinas Perhubungan Kapuas Hulu.

“Yang bersangkutan (G) telah kami tetapkan sebagai tersangka. Sementara ditahan di Rutan Putussibau,” kata Kasi Intelijen Kejari Kapuas Hulu Adi Rahmanto dalam siaran persnya, Rabu, 30 Maret 2022.

Adi Rahmanto menjelaskan, dalam kasus korupsi pembangunan Terminal Bunut Hilir 2018, pihaknya telah menetapkan 3 tersangka, yaitu Direktur CV Abadi Jaya Lili Silvia, Pelaksana Pekerjaan Satriadi, dan PPK Dinas Perhubungan Kapuas Hulu G.

Baca Juga :  Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap KPK

Tim Penyidik Kejari Kapuas Hulu telah memiliki alat bukti yang cukup kuat dan keterangan 27 saksi yang telah diperiksa, baik pejabat maupun pihak swasta dalam perkara tersebut.

Adi Rahmanto juga menyebutkan, anggaran pembangunan Terminal Bunut Hilir bersumber dari APBD Kapuas Hulu TA 2018 mencapai Rp1 Miliar.

Lantaran perbuatan para tersangka, negara mengalami kerugian Rp316,7 Juta dalam pembangunan Terminal Bunut Hilir tersebut.

Baca Juga :  Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Langsung Jalani Pemeriksaan Setibanya di KPK

Tersangka G disangkakan dengan Pasal 2 dan 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Tindak Pidana Korupsi.

“Tersangka G akan kami tahan selama 20 hari ke depan di Rutan Putussibau dan segera kami limpahkan ke Pengadilan Tipikor Pontianak,” kata Adi Rahmanto.

Sedangkan tersangka Lili Silvia dan Satriadi sudah menjadi terdakwa, menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Pontianak. (Ishaq)

Comment