by

Polisi Ringkus Terduga Pelaku Perusakan Belasan Kuburan di Pontianak

KalbarOnline, PontianakPolisi berhasil meringkus pelaku perusak belasan kuburan di Komplek Pemakamam Muslim, Jalan Abdurahman Saleh, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Terduga pelaku ditangkap oleh tim Jatanras Polsek Pontianak Selatan pada Selasa, 29 Maret 2022.

“Penangkapan pelaku pembongkaran batu nisan di makan BLKI oleh unit jatanras polsek pontianak selatan,” tulis akun @jatanras_polsek_ptkselatan seperti dikutip KalbarOnline, Selasa.

Meski begitu, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait motif terduga pelaku melakukan perusakan terhadap belasan kuburan tersebut.

Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol Indra Asrianto mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini terus bekerja intens melakukan penyelidikan. Pihaknya pun sudah memeriksa 2 orang saksi yang merupakan warga setempat dan penjaga kuburan.

“Kami juga sudah mengecek CCTV (kamera pengawas) di jalur masuk ke komplek kuburan tersebut. Namun dari penyelidikan dan pengecekan CCTV, belum ditemukan hasil. Namun kami terus intens bekerja untuk mencari siapa pelakunya,” tegas Indra Asrianto, Senin, 28 Maret 2022.

“Kuburan yang dirusak ini ada beberapa yang baru dan ada juga yang lama, kami sedang pelajari motifnya apa, karena batu nisan dicabut dan beberapa mengalami kerusakan atau pecah,” timpal Indra Asrianto.

Kali pertama terjadi di Pontianak

Indra menyebut, berdasarkan data laporan yang dimiliki Polresta Pontianak, kasus perusakan kuburan ini merupakan kali pertama terjadi di Pontianak.

“Dari data-data laporan yang kami miliki, belum pernah terjadi di Pontianak. Ini baru pertama kali yang kami ketahui,” kata Indra.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Terlebih menjelang bulan suci ramadan.

“Kami harapkan masyarakat dapat segera melaporkan ke pihak kepolisian jika menemukan orang-orang yang mencurigakan dan mengganggu kamtibmas,” pungkas Indra.

BACA JUGA:  inDriver, Aplikasi Transportasi Ojek Online ‘Baru’ Resmi Hadir di Pontianak

Sebelumnya diberitakan, belasan kuburan Komplek Pemakamam Muslim di Jalan Abdurahman Saleh, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) diduga dirusak oleh orang tak dikenal.

Seorang warga bernama Helga mengaku, kuburan neneknya turut dirusak. Kedua batu nisan kuburan sang nenek dicabut dan ditemukan tergeletak di antara kuburan yang lain.

“Saya hitung ada 11 kuburan, tapi tidak tahu, apakah ada yang terlewat,” kata Helga.

Helga mengaku mengetahui kejadian tersebut dihubungi oleh kerabatnya.

“Baru tahu tadi pagi, karena orangtua dan nenek saya dikuburkan di sini, jadi saya langsung cek. Ternyata benar, batu nisan kuburan nenek saya dicabut,” pungkas Helga.

Comment