Musrenbang RKPD Ketapang 2023, Martin Rantan ke Kepala OPD: Kerja Cepat, Tepat dan Cermat

KalbarOnline, Ketapang – Perangkat daerah diharapkan bekerja cepat, tepat dan cermat dalam merumuskan semua usulan.

“Baik usulan masyarakat desa atau kelurahan, kecamatan dan pokok pikiran DPRD Ketapang sesuai prioritas daerah dan kemampuan keuangan daerah untuk mencapai visi misi Kepala Daerah,” kata Bupati Ketapang Martin Rantan.

Martin Rantan menyampaikan itu dalam Musrenbang RKPD Ketapang tahun anggaran 2023 yang mengusung tema ‘peningkatan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing guna mendukung pembangunan ekonomi inklusif’, Senin.

Martin Rantan juga mengajak seluruh kepala perangkat daerah dan aparatur di perangkat daerah serta seluruh stakeholder dalam proses penyusunan RKPD tahun 2023 ini untuk berpikir terbuka, memiliki visi ke depan, terintegratif dan inovatif.

Dengan demikian, Martin Rantan meyakini, pembangunan pada tahun 2023 akan lebih terarah, terukur, akuntabel dan mampu menjawab isu strategis, permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Ketapang secara tepat untuk mendukung pencapaian peningkatan utama kepala daerah.

Baca Juga :  Kesbangpol Ketapang Gelar Pelatihan Untuk Pengurus Parpol Penerima Bantuan Keuangan Pemerintah

“Saya minta seluruh Kepala Perangkat Daerah juga proaktif mengusulkan program pembangunan bukan hanya pada DPRD Provinsi, tapi juga DPR-RI. Kami juga harap dukungan Pak Gubernur, Anggota DPR-RI, anggota DPRD Provinsi, DPRD Ketapang untuk dapat bersinergi membantu mewujudkan pembangunan prioritas Ketapang,” pinta Martin Rantan.

Martin Rantan turut menegaskan bahwa penyusunan RKPD tahun 2023 yang merupakan tahun kedua pemerintahannya itu memuat pelaksanaan visi dan misi kepala daerah yang tertuang dalam RPJMD Ketapang 2021-2026.

Di mana, visi ‘melahirkan Ketapang Maju menuju masyarakat sejahtera’ itu ditopang dengan 6 misi di antaranya sebagai berikut:

  1. Mewujudkan pemerintah yang handal, bersih terpercaya dan berwibawa dalam pelayanan publik,
  2. Melanjutkan peningkatan pembangunan insfrastruktur,
  3. Pembangunan sumber daya manusia memiliki daya saing,
  4. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa yang merata dan berkeadilan,
  5. Memperkokoh landasan perekonomian masyarakat,
  6. Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Ketapang.
Baca Juga :  Masa Jabatan Martin Rantan-Suprapto Berakhir, Pj Sekda Suherman Jabat Plh Bupati Ketapang

Misi tersebut juga didukung dengan 5 langkah strategis dalam program pembangunan yang disebut Panca Karya yaitu:

  1. Ketapang Sehat,
  2. Ketapang Cerdas,
  3. Ketapang Nyaman,
  4. Ketapang Peduli,
  5. Ketapang Sejahtera

Maka dari itu, untuk menjamin keberhasilan pembangunan tahun 2023, pihaknya mengangkat tema ‘Peningkatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berdaya Saing Guna Mendukung Pembangunan Ekonomi Inklusif’.

“Tema ini menjadi pedoman bagi kita semua guna menjaga selaras dengan misi ketiga kepala daerah yaitu pembangunan sumber daya manusia memiliki daya saing,” pungkas Martin Rantan.

Comment