Resmikan Masjid Ramadhan Pontianak, Sutarmidji: Manfaatkan Sebagai Tempat Kajian Keislaman

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meresmikan Masjid Ramadhan yang terletak di Jalan Parit Haji Husin II, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Sabtu malam, 26 Maret 2022.

Sutarmidji memberikan apresiasi kepada seluruh jamaah yang kompak menyukseskan pembangunan Masjid Ramadhan.

“Sebagai momentum jelang masuknya bulan Ramadhan, mudah-mudahan para jamaah Masjid Ramadhan bisa menjalankan seluruh amaliah Ramadhan dengan khusyuk dan terbaik sepanjang hidup,” kata Sutarmidji

Gubernur Sutarmidji berharap, keberadaan masjid dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kajian-kajian keislaman.

“Mudahan-mudahan bulan puasa tahun ini kita diberikan kesehatan agar lancar menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan amalan sunnah lainnya,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyarankan panitia pembangunan masjid untuk mempercantik sekitar bangunan masjid dengan ornamen lampu hias, termasuk melakukan penataan pohon untuk menambah keasrian dan memberikan kesan teduh.

“Saya lihat bagian depan masjid belum tahap finishing (penyelesaian). Mudah-mudahan bisa ditata lebih baik lagi, sehingga lebih menarik dan membuat para jamaah betah saat beribadah,” harap Edi Kamtono yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak.

Baca Juga :  Wawako Lepas Kontingen Atlet Kota Pontianak Untuk Ikuti Popda Kalbar

Sementara Ketua Lembaga Masjid Ramadhan Syarief Abdullah Alkadrie mengucap syukur proses pembangunan masjid bisa rampung dan diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat.

“Kami tentu merasa bersyukur dengan selesainya pembangunan masjid ini. Peletakan batu pertama pembangunan masjid oleh Bapak Sutarmidji yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Pontianak. Alhamdulillah, sekarang beliau juga yang meresmikan masjid ini. Tetapi, dengan jabatan sebagai Gubernur Kalbar,” kata Syarief Abdullah.

“Saat itu, Pak Edi Kamtono juga hadir dan masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Pontianak, malam ini beliau hadir sebagai Wali Kota Pontianak. Mudahan-mudahan Gubernur Kalbar dan Wali Kota Pontianak selalu diberikan kesehatan, serta tetap melanjutkan kepemimpinan di masa yang akan datang,” kata Syarief Abdullah mendoakan.

Anggota Komisi V DPR RI tersebut juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang turut memberikan kontribusi terhadap pembangunan Masjid Ramadhan.

Baca Juga :  Pelantikan DPD PATRI Kalbar, Kementerian Desa Tegaskan Transmigrasi Bukan Pendatang

“Meskipun terasa berat di awal pembangunan, akhirnya seluruh proses pembangunan dan penghimpunan dana sangat diberikan kemudahan. Masjid ini sudah dirancang dengan pondasi untuk 3 lantai, bahkan hingga 4 lantai. Saat ini masih 2 lantai, jika nanti dipandang perlu untuk ditingkatkan, maka tinggal meneruskan pembangunan ke atas saja,” kata Syarief Abdullah.

Para jamaah Masjid Ramadhan diharapkan untuk selalu memakmurkan masjid yang baru selesai dibangun tersebut.

“Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Sudah selayaknya masjid ini selalu ramai dengan para jamaah. Alhamdulillah, selama ini masjid kita selalu ramai,” pungkasnya.

Peresmian Masjid Ramadhan ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur Kalimantan Barat dan pemotongan tumpeng oleh Wali Kota Pontianak.

Turut hadir pimpinan DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Anggota DPRD Kota Pontianak, tokoh masyarakat Kota Pontianak, dan jamaah Masjid Ramadhan.

Comment