Rumah Zakat Kalbar Luncurkan Ramadan Tahun Ini #SaatnyaTumbuhBersama, Ini 6 Program Utamanya…

KalbarOnline, PontianakMenyambut bulan suci Ramadan 1443 H /2022 M, Rumah Zakat meluncurkan program khusus yang dinamai dengan #SaatnyaTumbuhBersama.

“Ini adalah program kebaikan yang kami buat di tahun ini, memfasilitasi para donatur untuk berbagi di bulan Ramadan dengan target sebanyak 50 ribu penerima manfaat,” kata Branch Manager Rumah Zakat Kalbar Asrul Putra Nanda saat meluncurkan program #SaatnyaTumbuhBersama di Ayam Dadakan Pontianak, Selasa, 22 Maret 2022.

Melalui program #SaatnyaTumbuhBersama, Rumah Zakat ingin menjadi perantara umat Islam dalam hal ibadah di bulan suci Ramadan.

Asrul menjelaskan, program ini dinamai #SaatnyaTumbuhBersama, untuk mengajak semua pihak bersama-sama tumbuh dan saling membahagiakan, terutama bagi mereka yang membutuhkan.

“Kita (Rumah Zakat) harap kita tak sendiri dalam menyelesaikan program kebaikan ini. Kita harap semuanya saling kolaborasi dan sinergi, dan saatnya di sisa pandemi ini kita bersama tumbuh dan membahagiakan, memberikan senyum kepada mereka yang membutuhkan,” kata Asrul.

Asrul mengungkapkan, #SaatnyaTumbuhBersama ini terdiri atas 6 program utama yakni:

  1. Berbagi Buka Puasa
Baca Juga :  Bappeda Pontianak Terima Penghargaan dari Rektor Untan

Menurut Asrul, program ini yakni mendistribusikan paket makanan lengkap untuk berbuka puasa ke wilayah pedalaman Kalbar.

“Kami ingin berbagi buka puasa kepada seluruh anak-anak di tepian Sungai Kapuas dan pedalaman Kalbar,” kata Asrul.

  1. Kado Lebaran Yatim

Asrul mengatakan, bagi anak yatim dan dhuafa, belanja tentunya hal yang luar biasa.

“Ini kami spesialkan kepada mereka yang tidak mampu, untuk bisa lebaran seperti membeli baju, celana dan sebagainya. Nanti kami bawa mereka ke pusat perbelanjaan, kita belanja bersama. Ini kado spesial untuk mereka,” kata Asrul.

  1. Bingkisan Lebaran Keluarga

Program bingkisan lebaran keluarga ini dispesialkan Rumah Zakat untuk keluarga kurang mampu dan pra sejahtera yang saat ini masih terdampak pandemic Covid-19.

“Melalui program ini kita harap mereka bisa belanja dalam rangka memenuhi bahan pokok untuk sahur dan berpuasa,” kata Asrul.

  1. Syiar Quran

Pada Ramadan tahun ini Rumah Zakat juga akan mendistribusikan Alquran ke wilayah pedalaman Kalbar.

“Jadi program ini dalam rangka mengganti Alquran dan iqro lama mereka menjadi baru. Doakan kami untuk bisa menembus wilayah pedalaman Kalbar,” kata Asrul.

  1. Wakaf Alquran Braille
Baca Juga :  Harga Cabai di Pontianak Tembus Rp120.000 per Kilogram

Asrul menjelaskan, Wakaf Alquran Braille merupakan program spesial untuk tuna netra agar dapat membaca Alquran.

“Ini kita berikan kepada tuna netra yang ada di Kalbar,” kata Asrul.

Sebelumnya, Alquran Braille ini mulai dari juz 1 sampai dengan juz 30 sudah didistribusikan Rumah Zakat ke Kota Pontianak dan Kabupaten Sambas.

“Di dua wilayah itu masing-masing kami berikan 10 paket,” kata Asrul.

  1. Ramadan Bebas Hutang

Program ini merupakan bantuan berupa uang untuk membebaskan hutang dan riba bagi penerima manfaat di wilayah desa berdaya dan non desa berdaya.

“Mudah-mudahan program kebaikan Ramadan tahun ini bisa bermanfaat dan kami harap seluruh donatur di Kalbar bisa ikut serta dalam program kebaikan Ramadan tahun ini,” pungkas Asrul.

Rumah Zakat adalah lembaga filantropI yang mengelola zakat, infak, sedekah, wakaf serta dana sosial lainnya melalui program pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan. (J)

Comment