Musrenbang RKPD Pontianak 2023, Sutarmidji ke Edi Kamtono: Pembangunan Harus Jawab Kebutuhan 30 Tahun Ke depan

KalbarOnline, PontianakGubernur Kalimantan Barat Sutarmidji berharap Wali Kota Pontianak sudah harus memikirkan bagaimana membuka kawasan-kawasan baru untuk permukiman baru atau sektor properti.

Pasalnya, Kota Pontianak dengan luas wilayah yang terbatas, yakni 107 kilometer persegi harus ada pengembangan kawasan baru sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kota ini dengan luas yang terbatas maka setiap pembangunan yang dilaksanakan harus bisa menjawab kebutuhan 20 hingga 30 tahun ke depan,” kata Sutarmidji.

Sutarmidji menyampaikan itu dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Pontianak Tahun 2023, Selasa, 22 Maret 2022 di Hotel Aston.

Sutarmidji juga menyoroti infrastruktur di Kota Pontianak yang disebutnya 90 persen dalam kondisi mantap. Namun masih perlu dilakukan beberapa pelebaran jalan.

Baca Juga :  Dialogis Dengan Masyarakat Desa Mungguk Lawang, Bupati Jarot Minta Masyarakat Tak Sungkan Diskusi di Pendopo

Di antaranya Jalan Hasanuddin yang idealnya diperlebar lagi tiga meter. Kemudian Jalan H. Rais A Rahman dan Husein Hamzah juga dimintanya segera dituntaskan.

“Jalan Husein Hamzah di sisi kiri dan kanannya mesti dilebarkan lagi dua hingga tiga meter,” kata Sutarmidji.

Sektor pariwisata juga bisa menjadi tumpuan bagi Pemkot Pontianak. Oleh sebab itu, potensi-potensi yang ada harus dikembangkan terutama berkaitan dengan sektor pariwisata.

Apalagi, lanjut dia, kalau lahan di Tugu Khatulistiwa bisa diserahterimakan dari Kodam XII/Tpr kepada Pemkot Pontianak untuk pengembangan kawasan itu, maka destinasi wisata di sepanjang Sungai Kapuas tersebut akan semakin menarik.

Baca Juga :  Bayar Sewa dan Retribusi Kios Lewat Virtual Account

“Tinggal bagaimana menjaga Sungai Kapuas tetap bersih dan cantik,” kata Sutarmidji.

Terkait Mal Pelayanan Publik yang saat ini tengah dikerjakan oleh Pemkot Pontianak, Sutarmidji sependapat dengan pembangunan tersebut yang berlokasi di Kapuas Indah.

Sebab hal itu dinilainya dapat membangkitkan kembali perekonomian di pasar yang merupakan cikal bakal pasar modern di Kota Pontianak seperti tahun 1970-an sejak berdirinya.

“Kawasan Kapuas Indah itu akan hidup kembali seperti tahun 1970-an karena di sanalah cikal bakal pasar modern di Kota Pontianak,” pungkas Sutarmidji.

Comment