Sekda Ketapang Canangkan Desa Kualan Hilir sebagai Desa Mapan

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang Alexander Wilyo mencanangkan Desa Kualan Hilir di Kecamatan Simpang Hulu sebagai Desa Mapan (Mantan dan Terdepan).

“Di Kabupaten Ketapang ada 20 Desa yang kita canangkan sebagai Desa Mapan secara fokus akan menjadi percontohan kepada desa lain,” kata Alexander Wilyo saat pencanangan tersebut, kemarin.

Wilyo menjelaskan, Desa Mapan adalah desa yang telah memiliki tingkat perkembangan yang pesat dengan didukung infrastruktur dan sarana prasarana yang sangat memadai.

Baca Juga :  Gerah Kerap Dipungli Kadis PUTR, Ini yang Dilakukan Para Kontraktor di Ketapang

Selain itu didukung regulasi dan pelayanan Pemerintahan Desa yang mantap serta adanya stabilitas dan kemapanan dalam kondisi sosial ekonomi masyarakat.

“Adapun Indikator Desa Mapan dikategorikan ke dalam 7 (tujuh) aspek yaitu regulasi Mapan, pelayanan Mapan, infrastruktur Mapan, kesehatan Mapan, pendidikan Mapan, ekonomi Mapan, dan sosial budaya dan lingkungan Mapan,” jelas Wilyo.

Baca Juga :  Pimpin Apel Gabungan Sekda Apresiasi OPD Terinformatif

Ia meminta kepada Camat, Kepala Desa, BPD dan perangkat Desa serta segenap unsur di Desa Kualan Hilir dapat mendukung program Desa Mapan ini.

“Berikan data dengan valid dan benar sehingga dapat mempermudah perencanaan dan intervensi program yang akan dilakukan,” tutup Wilyo. (Adi LC)

Comment