Petani Kelapa Sawit Rentan Kecelakaan, Apkasindo Kalbar: BPJS Ketenagakerjaan Memang Betul-betul Diperlukan

KalbarOnline, Pontianak – Para petani kelapa sawit di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) sangat rentan dengan kecelakaan. Terutama saat panen atau melansir Tandan Buah Segar (TBS).

“Selama ini kita tidak sadar bahwa kejadian tersebut juga merenggut nyawa. Tetapi mereka tidak memiliki jaminan sosial atau asuransi,” kata Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kalbar Indra Rustandi, Senin (21/3/2022).

Ia juga menceritakan, beberapa waktu lalu seorang petani kelapa sawit di salah satu kabupaten di Kalbar mau mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga :  Sutarmidji: Antrean BBM di SPBU Sudah Dari Dulu

Tetapi dalam perjalanan, petani kelapa sawit itu mengalami kecelakaan. Karena baru akan mendaftar, maka tidak bisa di-cover BPJS Ketenakerjaan.

“Inilah satu contoh bahwa BPJS Ketenagakerjaan ini memang betul-betul diperlukan. Perlu disiapkan. Tidak rugi bayar Rp16.800 tapi mulai keluar rumah sampai pulang kita dilindungi,” kata Indra.

Baca Juga :  3.040 Penyiar Dakwah di Ketapang Dapatkan BPJS Ketenagakerjaan

Olehkarenanya, kata Indra, Apkasindo Kalbar menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan BPJS Ketenagakerjaan ini untuk membantu para petani kelapa sawit.

“Ini niat tulus kami Apkasindo Kalbar untuk petani kelapa sawit mandiri di daerah,” pungkas Indra.(*)

Comment