Dapat Mandat Dari Partai Buruh, Lusminto Dewa Ajak Buruh Ketapang Bersatu

KalbarOnline, Ketapang Ketua Federasi Serika Buruh Sejahtera Indonesia (FSBSI) Ketapang Lusminto Dewa mengaku mendapatkan mandat untuk membentuk kepengurusan Partai Buruh di Kabupaten Ketapang.

Mandat tersebut ia dapat langsung dari Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat musyawarah Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) di Jakarta, Sabtu 19 Maret 2022 Lalu.

“Karena SBSI di Ketapang cukup baik. Makanya saya diminta untuk membentuk kepengurusan Partai Buruh di Ketapang. Saya pun akan mendiskusikan ini dengan para buruh,” kata Lusminto Dewa, Senin, 21 Maret 2022.

Dewa sapaan akrab tokoh buruh Ketapang ini mengatakan kalau selama ini buruh hanya bisa berkoar-koar di luar pagar karena tidak memiliki wakil langsung di parlemen.

“Karena memang buruh harus masuk di dalam parlemen. Kalau tidak masuk parlemen selama ini kita ini hanya terkoar koar di luar pagar,” ujar Dewa.

Baca Juga :  Mahsus Jabat Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUTR Ketapang

Dewa mengatakan, dalam waktu dekat akan mengumpulkan pengurus Serikat buruh SBSI di Ketapang untuk membahas pembentukan Partai Buruh.

“Saya mau minta pertimbangan dengan pengurus DPC KSBSI Ketapang terkait pembentukan DPC Partai Buruh ini. Tentu nanti kita akan kumpulkan semua pengurus serikat buruh di Ketapang,” kata Dewa.

“Kalau memang buruh di Ketapang menghendaki, maka kita siap untuk membentuk kepengurusannya,” imbuh Dewa.

Dewa memastikan, sekalipun nantinya buruh telah siap membentuk kepengurusan Partai Buruh di Ketapang, dirinya tetap akan fokus untuk mengurus persoalan buruh di Ketapang dengan jalur advokasi dan politik.

“Pembentukan Partai Buruh ini bukan saya mau calon DPR, bidikan saya kepala daerah. Namun kalau ada pengurus kita yang siap maju di legislatif kita akan all out dukung,” kata Dewa.

Baca Juga :  Kapolres Tinjau Pengamanan Misa Jumat Agung di Gereja Katedral Santa Gema Galgani Ketapang

Ia menyebut, saat ini anggota SBSI di Ketapang berjumlah 41.800 orang. Menurutnya angka tersebut merupakan modal awal kekuatan kaum buruh untuk memperjuangkan hak-haknya di jalur politik praktis.

“Selama ini suara buruh terpecah, sehingga kita tidak memiliki wakil langsung di parlemen. Kita akan satukan suara buruh untuk kepentingan buruh agar buruh yang ada di Ketapang tidak tertindas di tanahnya sendiri,” pungkas Dewa.

Dikutip dari wikipedia, Partai Buruh sendiri adalah sebuah partai politik di Indonesia yang didirikan pertama kali pada tanggal 28 Agustus 1998. Partai politik ini pernah menjadi peserta Pemilu 1999, Pemilu 2004, dan Pemilu 2009.

Selama menjadi partai politik, Partai Buruh telah menggunakan tiga nama yang berbeda, yaitu Partai Buruh Nasional (1998), Partai Buruh Sosial Demokrat (2005) dan Partai Buruh (2009). Saat ini partai buruh dipimpin oleh Said Iqbal. (Adi LC)

Comment