by

3 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat

KalbarOnline.com – Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, sepertinya terdengar logis. Sebab, selain menyiksa, membuat kesulitan makan, sakit gigi dapat mempengaruhi suasana hati, juga kesehatan secara menyeluruh.

Untuk sebagian orang yang mengalami sakit gigi mungkin saja langsung mengonsumsi ibuprofen atau paracetamol, sebagai obat pereda nyeri.

Namun, beberapa orang dengan kondisi medis tertentu tentu tak bisa sembarangan minum obat alias harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Lantas, bagaimana cara mengatasi sakit gigi tanpa obat? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Sejak dulu, berkumur pakai air larutan garam merupakan cara mengobati sakit gigi yang paling populer. Air garam terbukti membantu meredakan peradangan serta rasa sakit di gusi dan gigi.

Sebelum berkumur pakai air garam, sebaiknya Anda melakukan flossing gigi terlebih dulu untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi.

Kemudian siapkan 1-2 sendok makan garam dapur, lalu larutkan ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik, setelah itu buang.

Ingat, air larutan garam ini tidak untuk ditelan. Jadi, pastikan Anda memuntahkan air larutan garam setelah berkumur.

  1. Kompres Pakai Es Batu

Sakit gigi biasanya disertai dengan pipi bengkak. Untuk meredakan kondisi tersebut, Anda bisa mengompres pipi yang bengkak dengan es batu.

Cara mengobati sakit gigi satu ini termasuk yang paling mudah dan sederhana.

Selain meredakan bengkak, kompres dingin juga membantu untuk mengurangi nyeri serta perdarahan ke dalam jaringan gusi.

Kompres dingin dilakukan dengan cara membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil.

Lalu tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama 15 menit-20 menit.

BACA JUGA:  Nahkodai PATRI Kalbar, Imam Muhadi Harap Gubernur Terpilih Punya Jiwa Pemersatu dan Peduli Masyarakat Bawah

Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai bengkak di pipi Anda mereda.

  1. 3. Menempelkan teh celup

Tanin yang terkandung dalam teh celup dapat membantu meredakan nyeri. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan varian teh mint.

Kandungan mentol dalam teh mint dapat membuat area gigi berlubang terasa kebas dan menenangkan gusi sensitif, sehingga nyeri berkurang.

Untuk mendapatkan manfaat ini, simpan teh celup di dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya. Kemudian, tempelkan kantong teh di bagian gigi yang berlubang.

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat di atas sayangnya hanya dapat meredakan sakit gigi untuk sementara waktu. Untuk itu, Anda harus tetap menjadwalkan pemeriksaan dengan dokter gigi.

Comment