Kalimantan Harus Siap Jadi ‘Tuan Rumah’ IKN Nusantara, Jangan Sampai Jadi Penonton di Daerah Sendiri

KalbarOnline, Singkawang – Setiap provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan harus siap menjadi ‘tuan rumah’ Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kesiapan tersebut, selain dengan mengakselerasi pembangunan, juga harus dengan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM). Supaya tidak menjadi penonton di daerah sendiri.

“Karena salah salah satu permasalahan yang kita hadapi selama ini adalah kekayaan alam Kalimantan sangat melimpah, namun kompetensi SDM-nya masih kurang,” ungkap Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan.

Baca Juga :  PLN Dukung Penuh Langkah IBC dan Manufaktur Standarkan Baterai untuk Permudah Pengguna Molis

Ia menyampaikan hal tersebut saat Rapat Kerja Komisariat Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan di Kota Singkawang, Kamis (17/3/2022).

Selain menyampaikan pentingnya pengembangan SDM untuk menjadi tuan rumah IKN Nusantara, dalam kesempatan tersebut Ria Norsan juga membeberkan akselerasi pembangunan di Kalbar.

Adapun pembangunan yang erat kaitannya dengan kesiapan sebagai tuan rumah IKN Nusantara, yaitu Pembangunan Pelabuhan Internasional Kijing.

Baca Juga :  Edi Kamtono Harap Rakerwil V APEKSI Tak Hanya Sekedar Rapat Kerja Formalitas

Kemudian pembangunan Kampus IPDN Kalbar dan pembangunan berskala nasional lainnya. “Mari, bersama-sama kawal dan pikirkan wilayah kita agar bisa lebih maju dari wilayah yang lain,” ajak Norsan.

“Kita dorong terus pembangunan jalan Trans Kalimantan, jalur kereta api, dan pembangunan-pembangunan strategis lainnya,” sambungnya.(*)

Comment