Sutarmidji Bawa Tanah Khatulistiwa dan Air dari Sungai Terpanjang di Indonesia di Ritual Kendi Nusantara

KalbarOnline.comSelain berkemah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan menggelar ritual Kendi Nusantara bersama gubernur se-Indonesia di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Olehkarenanya, seluruh gubernur diinstruksikan membawa tanah dan air dari daerah masing-masing untuk digabungkan jadi satu dalam Kendi Nusantara.

Selanjutnya, Kendi Nusantara yang berisi tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia itu, akan ditanam di titik nol IKN Nusantara.

Untuk memenuhi instruksi Presiden Jokowi tersebut, Gubernur Kalbar Sutarmidji akan membawa tanah dan air paling langka di dunia.

Baca Juga :  Raja Sapta Oktohari: Jokowi Bapak Olahraga Indonesia

Sutarmidji membawa tanah yang diambil dari titik nol derajat bumi, di garis Khatulistiwa atau Equator.

Di Khatulistiwa ini, seseorang bisa meletakkan sebelah kaki di Utara dan sebelahnya lagi di Selatan bumi pada waktu bersamaan.

Tanah Khatulistiwa inilah yang akan Sutarmidji dedikasikan sebagai pondasi IKN Nusantara.

“Tanah Khatulistiwa sebagai pondasi IKN Nusantara ini diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam gerak langkah pembangunan,” kata Sutarmidji, Minggu 13 Maret 2022.

Baca Juga :  Kapolri Resmi Lantik Kapolda Metro Baru dan 7 Kapolda Lainnya

Sedangkan air yang dibawa Gubernur Sutarmidji ke IKN Nusantara juga sangat langka, yakni di ambil di pertemuan Sungai Kapuas dengan Sungai Landak.

Sungai Kapuas merupakan yang terpanjang di Indonesia yakni 1.143 kilometer. Sedangkan Sungai Landak terkenal karena berliannya.

“Dengan air yang diambil dari pertemuan Sungai Kapuas dengan Sungai Landak ini diharapkan dapat memberikan kesuburan dan kedamaian di IKN Nusantara,” pungkasnya.

Comment