Soft Launching Pembangunan Agroeduwisata Faperta Untan Pontianak, Edi Rusdi Kamtono: Kembangkan Varietas dan Bibit Unggul

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menyambut baik soft launching pembangunan Agroeduwisata Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Sabtu (12/3/2022).

Menurut Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Agroeduwisata ini merupakan bagian dari komitmen Faperta Untan untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam mengembangkan potensi pertanian.

“Misalnya berkaitan dengan ilmu tanah, buah-buahan dan sebagainya. Kuncinya yang ditanam harus optimal, kalau yang ditanam buah-buahan, buahnya berkualitas baik, kalau yang ditanam pohon berbunga, mesti berbunga banyak,” kata Edi Rusdi Kamtono

Baca Juga :  Batu Kerikil Berserakan di Jalan Nasional, Dua Guru Daerah Terpencil Bantu Bersihkan

Ia berharap antara Faperta Untan dengan Pemkot Pontianak terjalin kerjasama dan kolaborasi yang baik dalam mengembangkan hasil atau produk pertanian.

Bila perlu, lanjut dia, kerjasama yang konkret tersebut bisa dilakukan dengan mengembangkan varietas tanaman unggulan di daerah ini.

“Saya minta ada kerjasama dengan laboratorium Faperta untuk mengembangan varietas dan bibit unggul untuk mengoptimalkan tanaman yang ada,” kata Edi.

Baca Juga :  Warga Nilai Pembangunan di Pontianak Sangat Baik

Agroeduwisata ini, kata Edi, juga menjadi bagian dari pengembangan ekonomi kreatif pada sektor pertanian.

Banyak manfaat yang diperoleh dari Agroeduwisata ini, di antaranya memberikan nilai tambah untuk meningkatkan pendapatan pelaku agribisnis.

“Selain itu juga untuk mendorong optimalisasi dalam pemanfaatan dan pengelolaan aset-aset agribisnis milik masyarakat, swasta, pemerintah maupun lembaga perguruan tinggi seperti di Fakultas Pertanian Untan ini,” jelas Edi.(*)

Comment