Puskesmas Putussibau Selatan Deteksi Dini HIV/AIDS Ibu Hamil di Desa Sayut

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Putussibau Selatan melaksanakan deteksi dini HIV/AIDS pada ibu hamil di Desa Sayut, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu.

“Dengan adanya kegiatan deteksi dini ini, bisa mencegah lebih dini penyakit menular pada ibu hamil di Desa Sayut,” kata Kepala Puskesmas Putussibau Selatan dr. Dasmiati Olfah, Sabtu (12/3/2022).

Dasmiati Olfah mengatakan, deteksi dini HIV/AIDS pada ibu hamil di Desa Sayut ini merupakan rangkaian dari Kelas Ibu Hamil yang dilaksanakan rutin setiap bulan.

Baca Juga :  Puskesmas Sungai Awan Terakreditasi Madya

Ia mengingatkan, deteksi dini HIV /AIDS tersebut sangat penting dilakukan, guna mencegah penularan dari ibu ke janin selama masa kehamilan.

Bersamaan dengan itu, kata Dasmiati Olfah, petugas juga mengingatkan para ibu hamil agar tetap menerapkan perilaku hidup bersih.

Baca Juga :  Rakor dengan KPA, Ani Sofian: Butuh Upaya bersama Tanggulangi HIV/AIDS

“Tetap menjaga kesehatan yang ekstra selama masa kehamilan,” tegas Dasmiati Olfah.

Dalam kesempatan tersebut petugas Puskesmas Putussibau Selatan juga memberikan edukasi tentang masa kehamilan, hingga persiapan dan pascapersalinan.

“Kita berharap para ibu hamil mulai dari sekarang sudah siap dalam menghadapi proses persalinan, tetap jaga kesehatan fisik, konsumsi vitamin dan tablet tambah darah,” pungkas Dasmiati.(*)

Comment