Presiden Jokowi Bakal Berkemah di Titik Nol IKN Nusantara dengan 5 Gubernur se-Kalimantan

KalbarOnline.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkemah dan menginap di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bersama lima Gubernur se-Kalimantan pada Senin, 14 Maret 2022.

“33 Gubernur diagendakan hadir ke lokasi berkemah bersama Presiden,” kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim HM Syafranuddin, di Penajam, seperti dilansir KalbarOnline dari Antara, Sabtu.

“Tapi hanya lima gubernur yang ikut menginap bersama Presiden, berkemah di lokasi titik nol IKN Nusantara,” kata Syafranuddin lagi.

Para Gubernur yang berkemah dan menginap bersama Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara tersebut, yakni Gubernur Kaltim, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

Baca Juga :  Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Jokowi: Enggak Berasa Sama Sekali

Dalam kegiatan kemah tersebut, rencananya Presiden Jokowi juga akan melakukan ritual Kendi Nusantara bersama 33 Gubernur se-Indonesia.

Para Gubernur yang hadir diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal, kemudian disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN Indonesia baru bernama Nusantara tersebut.

Syafranuddin mengatakan, Gubernur Kaltim Isran Noor membawa tanah dan air dari dua daerah yakni dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser.

Lokasi IKN Indonesia yang baru tersebut sebagian di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara dan sebagian Kesultanan Paser, air serta tanah tersebut simbol mewakili Kesultanan di Provinsi Kaltim.

Baca Juga :  PKM Dinilai Tidak Efektif, Wiku: Input dari Presiden Berharga

“Kegiatan ritual serta kemah Presiden itu Senin (14/3), Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan, Minggu (13/3), atau satu hari sebelum kegiatan, dan menginap di Balikpapan dulu,” kata dia.

Sejumlah fasilitas dan sarana prasarana di lokasi bakal berkemah Presiden Jokowi sudah dipersiapkan di titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, antara lain fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus), jaringan telekomunikasi, listrik, air dan lainnya.

“Tenda serta perlengkapan yang akan dipergunakan Presiden menginap juga dipersiapkan, pada hari pelaksanaan sudah 100 persen dan dapat dipergunakan Presiden dan rombongan,” pungkas Syafranuddin.

Comment