Target 128 Desa Wisata Kalbar Masuk Jadesta, Sandiaga Uno: Ini Simbol Kebangkitan Ekonomi

KalbarOnline, Pontianak – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan 128 Desa Wisata di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) untuk didaftarkan ke Jaring Desa Wisata (Jadesta).

“Ini simbol kebangkitan ekonomi, peluang usaha dan lapangan kerja, simbol kekuatan ekonomi baru yang sedang kita susun bersama Presiden Joko Widodo, yaitu Desa Wisata Bahari,” kata Sandiaga di Pontianak, Kamis.

Untuk itu, Sandiaga Uno mendorong Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar terus menumbuhkan Desa Wisata di Kalbar.

Baca Juga :  Windy Turun Langsung Berikan Bantuan kepada Anak Gizi Buruk dan Pasca Gizi Buruk di Pontianak

Menurut Sandiaga Uno, untuk mendukung pengembangan Desa Wisata di setiap daerah, pihaknya akan berkolaborasi dengan sejumlah kementerian dan lembaga lainnya.

Sementara itu, Kepala Disporapar Kalbar Windy Prihastari mengatakan, sampai saat ini sudah ada 30 desa yang mendaftar pada Jadesta di Kemenparekraf RI.

“Pak Menteri meminta kita untuk mendorong Desa Wisata lainnya mendaftar, karena Kalbar ditargetkan paling tidak memiliki 60 Desa Wisata yang harus mendaftar, dan kemarin saat kunjungan di Sungai Kupah, Desa Wisata di Kalbar ditargetkan Kementerian Pariwisata menjadi 128 Desa Wisata,” ungkap Windy.

Baca Juga :  Dua Kali Jadi Timses SBY, Sutarmidji Harap Demokrat Dukung Pencalonannya di Pilgub Kalbar 2024

Menurutnya, ini menjadi peluang yang harus dimanfaatkan oleh setiap desa di Kalbar untuk mengembangkan Desa Wisata.

“Kita beruntung, dari 100 Desa Wisata di Indonesia, Wisata Desa di Sungai Kupah Kubu Raya mendapatkan penghargaan dari Kemenparekraf. Kita berharap ini menjadi motivasi bagi desa lainnya untuk memaksimalkan potensi desa wisatanya,” kata Windy.(*)

Comment