Puskesmas Alianyang Diharapkan Jadi Puskesmas Unggulan

KalbarOnline, PontianakKepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu mengatakan, bangunan Puskesmas Alianyang yang baru diresmikan terdiri menjadi dua bagian, yakni bagian depan dan bagian belakang yang difungsikan sebagai ruang rawat persalinan.

Sidiq menyebutkan beberapa pelayanan unggulan Puskesmas Alianyang di antaranya, pelayanan obstetri yang merupakan pelayanan kebidanan dasar.

Pada pelayanan ini, puskesmas menyediakan pelayanan persalinan dengan kapasitas lima tempat tidur.

Baca Juga :  Pontianak dan Kubu Raya Sepakati Kerjasama

“Kemudian Puskesmas Alianyang ini juga terdapat pelayanan fisioterapi, yang mana pelayanan itu baru dua puskesmas yang menyediakannya,” terang Sidiq.

Sidiq menambahkan, Puskesmas Alianyang ini sudah memenuhi standar pelayanan untuk puskesmas, termasuk sumber daya manusianya.

Terlebih, puskesmas ini dibangun pada saat pandemi Covid-19 sehingga pasien sehat dan pasien sakit sudah dipisahkan. Artinya pasien yang sakit, tidak akan bertemu dengan pasien yang sehat.

Baca Juga :  Peresmian SPBU Kecamatan Kayan Hilir, Pertamina: Komitmen Kami Memudahkan Akses Masyarakat 3T

“Mudah-mudahan dengan hadirnya puskesmas ini Kota Pontianak bisa menghadirkan satu puskesmas unggulan, kita harapkan inovasi-inovasi yang sudah pernah diraih oleh Puskesmas Alianyang ini terus dikembangkan,” pungkas Sidiq. (J)

Comment