Sandiaga Uno Rangsang Pelaku Ekraf Subsektor Kuliner Pontianak Lewat KaTa Kreatif Indonesia

Tingkatkan Kualitas Produk guna Pengembangan Usaha Berkelanjutan

KalbarOnline, PontianakPariwisata bukan hanya berbicara tentang bagaimana lokasi dan pengelolaannya melainkan juga penunjang dari lokasi tersebut guna menarik pengunjung dan wisatawan.

Selain fasilitas, sektor penunjang lainnya seperti kuliner menjadi hal yang wajib disupport baik dalam pengembangan maupun juga kemasan. Sehingga, wisatawan juga bisa menikmatinya.

Menteri pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Kota Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat memang dapat ditemukan banyaknya lokasi wisata yang bisa menjadi referensi.

Namun, hal tersebut juga harus didukung dengan potensi lainnya seperti yang ada saat ini seperti Kuliner. Ada beberapa kuliner unggulan Kota Pontianak untuk daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kota Pontianak memiliki ragam kuliner yang khas, seperti minuman Lidah Buaya (aloe vera), Kue Bingke Berendam, Burung Punai, Jorong – jorong, dan banyak kuliner lainnya. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekonomi kreatif.

Apalagi selama masa pandemi, kuliner merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif yang tidak banyak terpengaruh. Dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekraf dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

“Ini yang perlu kita kembangkan, sehingga ini bisa menjadi penunjang wisata di Pontianak,” kata Sandiaga.

Oleh karena itu, guna pengembangan subsektor kuliner dan subsektor lainnya, Kota Pontianak diharapkan untuk segera melakukan pengembangan terhadap kuliner tradisional yang terbilang cukup menarik wisatawan untuk berkunjung ke Pontianak.

Baca Juga :  Kapolda Metro Ingatkan Warga Jauhi Kerumunan dan Terapkan Prokes

Atas dasar itu, workshop KaTa Kreatif Indonesia 2022 kali ini sebagai salah satu wujud komitmen dan konsistensi Kemenparekraf/Baparekraf yang paham terhadap kebutuhan rakyat dalam memberikan dukungan dan fasilitasi terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dengan meningkatnya inovasi, kreativitas dan kewirausahaan para peserta, diharapkan dapat mendorong bangkitnya ekonomi kreatif Indonesia.

Menciptakan lapangan kerja, mendorong kebangkitan ekonomi, tegas dan gerak cepat untuk menghadapi tantangan dan memperluas pengembangan ekonomi Indonesia.

Sandiaga mengungkapkan, ekonomi kreatif di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan dan diharapkan dapat menjadi salah satu pilar dalam menyokong pertumbuhan ekonomi.

Potensi ekonomi kreatif ini didukung dengan keberagaman budaya, keindahan geografis dan sumber daya manusia yang kaya akan kreativitas, disempurnakan lagi dengan digitalisasi yang saat ini sudah harus menjadi sebuah kebiasaan baru terutama bagi generasi muda sehingga dapat menunjang ekonomi kreatif melaju lebih cepat.

Dia menegaskan, pihaknya mengajak pelaku ekonomi kreatif untuk tetap semangat dalam upaya melakukan pemulihan dan stabilisasi ekonomi dengan memaksimalkan penggunaan sarana prasarana dan juga teknologi informasi, sehingga tetap dapat menciptakan perubahan positif, serta menjadikan potensi wisata dan ekonomi kreatif sebagai lokomotif penggerak perekonomian.

Baca Juga :  Jokowi-Ma’ruf Menang Atas Prabowo-Sandi di Kalimantan Barat, Pleno Rekapitulasi Kondusif

Seperti diketahui, Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022 sudah berlangsung di beberapa kota seperti Lombok yang dilakukan pada 21 Februari2022 kemarin. Kemudian Belitung pada 26 Februari 2022, serta pada tanggal 2 Maret 2022 Workshop KaTa dilaksanakan di Jambi.

Begitu juga dilaksanakan Majalengka pada tanggal 5 Maret 2022 kemarin dan kali ini 10 Maret ini dilaksanakan di Pontianak.

Selama berlangsungnya workshop KaTa Kreatif Indonesia 2022, tidak hanya melakukan pengembangan di sektor kuliner dan Ekraf melainkan juga di bidang seni yang pasti semuanya untuk mendukung parisiwata di daerah-daerah tersebut.

Para pembimbing dalam workshop tersebut juga didatangkan para professional di mana para peserta akan mendapatkan informasi bagaimana mengembangkan usahanya atau berkeseniannya.

Adapun peserta yang dapat mengikuti kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif adalah pelaku Ekonomi Kreatif yang berada di Kota Pontianak dengan jumlah peserta sebanyak 35 peserta.

Untuk bisa mengikuti kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia pelaku ekraf wajib mendaftarkan diri melalui website www.katakreatifindonesia.com dan melampirkan bukti surat keterangan sudah mejalankan usaha selama minimal enam bulan dari pemerintah setempat.

“Kita datangkan pelaku-pelaku ekonomi kreatif yang sukses guna berbagi pengalaman sehingga para UMKM bisa ikut maju dan sukses,” pungkas Sandiaga. (*)

Comment