by

Di Sela Peluncuran Kalender Event Kalbar, Wahyudi Hidayat Sampaikan Potensi Danau Sentarum ke Mas Menteri

KalbarOnline, Kapuas HuluWakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menyampaikan potensi wisata Danau Sentarum saat bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di sela-sela peluncuran Kalender Event Kalbar tahun 2022 di Kota Pontianak, Rabu, 9 Maret 2022.

“Saya semalam berbincang wisata Danau Sentarum termasuk rencana Festival Danau Sentarum bersama Pak Sandiaga Uno,” kata Wahyudi Hidayat, seperti dilansir KalbarOnline dari Antara Kalbar, Kamis, 10 Maret 2022.

Wahyudi Hidayat mengatakan, Festival Danau Sentarum masuk dalam Kalender Event Wisata Kalimantan Barat, sehingga perlu terus didorong baik itu promosi maupun pengembangan wisata tersebut.

Menurut Wahyudi, Pemkab Kapuas Hulu akan terus berupaya mengembangkan dan menggali potensi wisata Kapuas Hulu termasuk wisata Danau Sentarum yang sudah dikenal dunia.

“Kita terus berupaya menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui kementerian terkait, sehingga potensi wisata yang kita miliki mendatangkan pertumbuhan ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat,” ucap Wahyudi.

Wahyudi mengatakan, dalam pengembangan potensi pariwisata pemerintah terus berupaya, namun hal tersebut tidak terlepas dari dukungan masyarakat setempat.

Ia meminta agar masyarakat lebih mempersiapkan diri dengan berbagai produk unggulan serta memberikan pelayanan terbaik kepada setiap wisatawan yang datang dengan kearifan lokal yang dimiliki.

“Saat Festival Danau Sentarum jangan mengambil kesempatan untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya, sehingga membuat pengunjung mengeluh, baik pelayanan mau pun stand, berikan kenyamanan dan pelayanan dengan harga terjangkau, karena itu sangat penting agar wisatawan betah dan tidak mengeluh,” kata dia.

Wahyudi Hidayat mengatakan, Pemkab Kapuas Hulu akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan siap berkolaborasi dalam pengembangan potensi wisata Kapuas Hulu.

BACA JUGA:  Wabup Wahyudi Serahkan Penghargaan Mendikbudristek untuk Dusun Sungai Utik

“Kita siap berkolaborasi dengan pihak kementerian pariwisata termasuk juga mendorong ekonomi kreatif masyarakat menuju Kapuas Hulu Hebat,” kata Wahyudi.

Festival Danau Sentarum merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata yang ada.

Danau Sentarum sendiri masuk kawasan Taman Nasional Danau Sentarum yang berada di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia dan bisa diakses melalui Lanjak Kecamatan Batang Lupar wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Comment