Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono Bagi-bagi Sepeda, Ini Pelajar yang Beruntung…

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak Pontianak Edi Rusdi Kamtono memberikan sepeda kepada murid SD Negeri 33 Pontianak Utara Miranda dan pelajar SMP Negeri 28 Pontianak Utara Albert, Senin 7 Maret 2022.

Miranda dan Albert mendapat hadiah sepeda karena berhasil menjawab pertanyaan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) baru-baru ini.

Pada Peringatan HPSN tersebut, Edi melontarkan pertanyaan seputar permasalahan lingkungan di Kota Pontianak. Hanya Miranda dan Albert yang berhasil menjawab dengan tepat.

Baca Juga :  Edi Imbau Masyarakat Pilah Informasi Secara Intelektual

Selain berjanji akan memberikan hadiah berupa sepeda, dalam kesempatan tersebut Edi juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Salah satu bentuk kepedulian itu adalah dengan mengelola sampah secara tepat.

Menurutnya, apabila sampah rumah tangga yang kemudian terbagi menjadi sampah organik dan anorganik ini diatur dengan benar, maka Kota Pontianak dapat terhindar dari masalah lingkungan.

Adapun permasalahan lingkungan yang dimaksudkan Edi itu di antaranya pencemaran sungai, timbulnya penyakit akibat lingkungan yang tidak higienis, polusi dan bencana banjir.

Edi mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak, kini tengah berupaya mengurangi jumlah sampah sebanyak 30 persen untuk 2023 mendatang

Baca Juga :  Sampaikan LKPJ, Edi Kamtono : Pemkot Terus Upayakan Dongkrak IPM

“Agar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tidak terlampau berat, dan masyarakat bisa merasa nyaman,” jelas Edi.

Olehkarenanya Edi berharap masyarakat mengurangi buang sampah, beralih ke fokus mengolahnya, seperti dijadikan pupuk organik, kemudian sampah plastik didaur ulang menjadi fungsi yang lain.

“TPS sedang kita tata kembali, supaya tidak kumuh yang memakan badan jalan, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lainnya,” pungkasnya Edi.(*)

Comment