Patroli Perbatasan RI-Malaysia, Polda Kalbar Pakai Anjing Pelacak

KalbarOnline, Kalbar – Polda Kalbar menggunakan anjing pelacak untuk patroli di kawasan perbatasan RI-Malaysia, terutama di jalur-jalur tikus di sekitaran Pos Lintas Batas Negara atau PLBN Aruk Kabupaten Sambas dan PLBN Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang.

“Patroli ini untuk mencegah masuknya barang terlarang ke Indonesia, seperti Narkoba, Miras dan barang ilegal lainnya,” kata Kasi Turjawali Ditsamapta Polda Kalbar AKP Gunawan, Senin (7/3/2022).

Baca Juga :  Tatap Muka di Polres Sekadau, Ini Arahan Kapolda Kalbar

Sasaran patroli menggunakan anjing pelacak ini, jelas Gunawa, para pelintas dan kendaraan di jalur-jalur tikus di kawasan perbatasaan.

Gunawan menjelaskan, dalam patroli perbatasan RI-Malaysia ini, pihaknya mengerahkan Unit K-9 personel satwa Ditsamapta Polda Kalbar.

Unit ini akan mengecek kendaraan dan barang bawaan pelintas. Memastikan tidak ada barang ilegal yang diselundupkan melalui jalur tikus perbatasan.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19, Ketum PGRI: Kami Ingin Guru dan Siswa Terlindungi

Gunawan menambahkan, patroli perbatasan ini juga melibatkan personel Polsek Aruk Kabupaten Sambas.

“Ini kegiatan rutin, yang dilakukan khususnya di perbatasan untuk mencegah terjadinya penyeludupan, baik barang maupun orang serta barang terlarang lainnya,” tegas Gunawan.

Patroli perbatasan ini berlangsung lancar dan tidak ditemukan barang-barang yang diduga hasil kejahatan atau barang ilegal.(*)

Comment