Sekda Alexander Wilyo Ajak Masyarakat Ketapang Ikut PPS dan Bayar Pajak Tepat Waktu

KalbarOnline, KetapangSekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo menghadiri Sosialisasi Program Pengungkapan Sukarela (PPS) dan Penyerahan Penganugerahan Penghargaan Wajib Pajak KPP Pratama Ketapang, di Ruang Ale-Ale Lantai 2 KPP Pratama Ketapang, Rabu, 2 Maret 2022.

Dalam acara tersebut KPP Pratama Ketapang memberikan penghargaan kepada wajib pajak yang terpilih pada pendapatan pajak tahun 2021.

KPP Pratama Ketapang berhasil mencapai target yang diberikan yakni sebesar 106 persen dengan angka Rp1,3 triliun untuk wilayah Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Alexander Wilyo mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran KPP Pratama yang sudah bekerja keras meningkatkan pendapatan pajak.

“Saya juga berterima kasih kepada seluruh wajib pajak di Kabupaten Ketapang yang sudah berkontribusi artinya sudah patuh terhadap kewajiban sebagai warga negara untuk membayar pajak,” Alexander Wilyo.

Dalam kesempatan itu, Alexander Wilyo juga menyampaikan rasa gundahnya. Dia merasa belum puas terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ketapang yang masih rendah, perbandingannya dengan persentase hasil dari transfer pusat di kisaran 10 persen dengan kisaran Rp190 miliar.

Baca Juga :  Bupati Martin Harap Pengurus KONI Mampu Kembangkan Prestasi Olahraga Ketapang
Baca Juga :  Ketua DPRD Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 Ketapang

“Saya perintahkan kepada Bapenda Ketapang untuk meningkatkan PAD kita, pada tahun ini saya berikan target PAD kita meningkat sebesar Rp500 miliar,” tegasnya.

Alexander juga berharap dengan adanya e-Government yang merupakan inovasi terbaru bisa mempermudah. Sehingga ke depan Kabupaten Ketapang lebih maju dan mampu bersaing dengan daerah lain seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lainnya.

“Saya pikir pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus terus berinovasi agar seluruh warga negara ini diberikan kemudahan untuk melaksanakan kewajiban membayar pajak sehingga tidak lagi sulit untuk membayar pajak,” harap Sekda.

Sekda menegaskan, pajak mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan bernegara, khususnya dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan sumber pendapatan.

“Dengan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak semakin tinggi, kita yakin bahwa APBN akan meningkat sehingga berimbas kepada APBD kita,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment