Mahasiswa Kalbar di Salatiga Jateng Gelar Turnamen Futsal Bertajuk Trofeo Urang Dirik

KalbarOnline.com Mahasiswa asal Kalimantan Barat (Kalbar) yang menempuh pendidikan di Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar turnamen futsal pada Sabtu, 5 Maret 2022 mendatang.

Turnamen futsal yang diinisiasi oleh mahasiswa asal Kalbar ini akan berlangsung dengan empat tim full kompetisi yang dipusatkan di lapangan Arena Futsal Salatiga. Empat tim yang akan berlaga yakni, Timarant FC Landak, KFC Ketapang, Sake Legend Bengkayang dan Mandau Iban Bengkayang.

Ketua Panitia Yosua Aprianto mengatakan, turnamen futsal bertajuk Trofeo Urang Dirik ini berawal dari insitiatif dirinya bersama satu orang mahasiswa yang juga asal Kabupaten Landak. Ide mereka kemudian disambut baik oleh mahasiswa asal Kalbar lainnya.

“Berawal dari turnamen sebelum-sebelumnya, yaitu Menatas Cup 2018 dan 2019 yang diadakan sekelompok anak-anak dari Kabupaten Ketapang, Kalbar terbilang sukses. Jadi kita kembali melaksanakan kegiatan serupa di tahun ini,” ujar Yosua Aprianto kepada KalbarOnline, Jumat, 4 Maret 2022.

Baca Juga :  Covid-19 Tambah 6.189 Kasus, Jateng Catat Kematian Harian Tertinggi
Baca Juga :  Lifter 17 Tahun Indonesia Kembali Pecahkan Rekor Dunia Junior

Yosua Aprianto menyebut, tujuan diadakannya Turnamen Trofeo ini untuk kembali menyatukan dan mempererat persaudaraan anak-anak Kalbar yang menempuh pendidikan di Kota Salatiga, Jateng. Karena semenjak pandemi berlangsung hampir semua kegiatan vakum.

“Semenjak pandemi Covid-19 ini semua acara yang berkaitan dengan keramaian ditiadakan, seperti makrab anak-anak Kalimantan, jadi sulit untuk para mahasiswa asal Kalbar untuk mengenal satu sama lain di tanah rantau ini, apa lagi tidak adanya komunitas yang langsung mengikat khusus anak-anak Kalbar di Kota Salatiga ini,” kata Yosua.

Ia berharap dengan adanya kegiatan futsal ini para mahasiswa asal Kalbar yang menempuh pendidikan di Provinsi Jateng, khusnya di Kota Salatiga dapat hadir, baik sebagai peserta maupun penonton untuk mempererat tali persaudaraan.

“Itu sebenarnya tujuan utama turnamen ini,” kata Yosua.

Pihaknya berharap, ke depan agenda serupa bisa didukung Pemerintah Provinsi kalbar untuk penyelenggaraan turnamen yang lebih besar bagi anak-anak Kalbar di Kota Salatiga.

“Mungkin semua mahasiswa dari berbagai kota di Kalbar yang ada di Salatiga bisa bergabung untuk menyelenggarakan turnamen selanjutnya,” pungkas Yosua. (Adi LC)

Comment