by

Rumah dan Bangunan Walet di Kubu Raya Hangus Terbakar Akibat Karhutla

KalbarOnline, Kubu Raya 2 unit bangunan di Jalan Wonodadi 2, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya hangus terbakar. Bangunan yang terdiri dari 1 rumah warga dan 1 bangunan rumah walet itu hangus terbakar akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kamis sore, 3 Maret 2022.

Liliyanti, penghuni rumah mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu Liliyanti sedang berada di dalam rumah bersama anaknya. Sementara suaminya sedang berusaha memadamkan api di kebun yang jaraknya tak jauh dari rumah.

Beberapa waktu berselang, Liliyanti mencium bau asap dan mulai menyeruak masuk ke dalam rumahnya. Ternyata bagian dapur rumahnya sudah dilahap api. Liliyanti pun lantas membawa anak dan sepeda motor menjauhi rumah.

rumah warga di Jalan Wonodadi 2, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya hangus terbakar hingga rata dengan tanah akibat karhutla
rumah warga di Jalan Wonodadi 2, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya hangus terbakar hingga rata dengan tanah akibat karhutla (Foto: *DR)

“Api ditiup angin kencang membakar bagian belakang dulu. Itu cepat sekali, saya keluar itu tidak ada api, tapi tiba-tiba langsung hidup apinya,” cerita Liliyanti.

Api yang membesar kemudian merembet ke rumah walet yang persis berada di samping rumah. Bahkan rumah yang ditempatinya itu rata dengan tanah.

Sementara Edi Prayogo (84) pemilik rumah dan kebun yang terbakar itu menjelaskan bahwa api sudah terlihat sejak beberapa hari lalu dari arah lahan kosong, persis di belakang kebunnya. Tanpa disadari, api ternyata menjalar ke kebun miliknya.

Edi Prayogo mengaku, pekerja yang menjaga kebun miliknya sudah berusaha memadamkan api, namun karena api yang sudah membesar sehingga sulit dipadamkan.

BACA JUGA:  Gedung DPR Tidak Kebakaran, Hanya Kabel Terkena Cipratan Las

Comment