Rumah Betang Kabupaten Sintang Resmi Beroperasional, Jarot Winarno: Melewati Sejarah Panjang Penuh Masalah dan Prasangka

KalbarOnline, Sintang – Rumah Betang Kabupaten Sintang di Desa Jerora Satu Kecamatan Sintang resmi beroperasional sejak Selasa 1 Maret 2022.

“Rumah Betang ini megah, melewati sejarah panjang penuh masalah dan prasangka,” kata Bupati Sintang Jarot Winarno usai Launching Operasional Rumah Betang Kabupaten Sintang.

Selanjutnya, kata Jarot Winarno, jangan ada lagi prasangka terkait keberadaan Rumah Betang Kabupaten Sintang ini.

“Semuanya kita bangun sebaik-baiknya. Rumah Betang ini simbol dan memiliki filosofis yang tinggi seperti gotong royong,” kata Jarot.

Masyarakat Dayak sebagai suku terbesar di Kabupaten Sintang, kata Jarot, bisa memupuk kebersamaan dengan masyarakat lainnya.

Baca Juga :  Lebih 800 Orang Bersihkan Sampah di Tepian Sungai Kapuas

“Lex Populi Suprema Lex Esto yang berarti kemanusiaan merupakan hukum tertinggi. Maka dari itu, kemanusiaan kita dahulukan. Solidaritas tanpa batas kita utamakan,” jelas Jarot.

Ia menambahkan, Rumah Betang ini akan dikelola Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sintang.

“Kita akan membenahi tata ruangnya seperti taman, pagar dan halaman. Silakan bermusyawarah untuk menentukan nama Betang ini, bersama Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang. Semoga Rumah Betang ini bermanfaat bagi kita semua,” harap Jarot.

Sebagai informasi, Launching Operasional Rumah Betang Kabupaten Sintang ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekda Sintang Yosepa Hasnah.

Baca Juga :  Wabup Hermanus Pinta Kepala Sekolah Samakan Persepsi LPJ Dengan Inspektorat

Kemudian penyerahan secara simbolis kunci Rumah Betang dari Kabid Penyehatan Lingkungan dan Tata Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang Stephen Saroenandus  kepada Bupati Sintang Jarot Winarno.

Selanjutnya diserahkan kepada Kepala Disporapar Kabupaten Sintang Hendrika selaku Pengelola Rumah Betang Kabupaten Sintang.

Launching Operasional Rumah Betang Kabupaten Sintang ini juga dihadiri Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin OFM Cap, Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny.

Kemudian Ketua DAD Kabupaten Sintang Jeffray Edward, Ketua MABM Sintang Ade Kartawijdaya, Anggota Forkopimda Kabupaten Sintang, Perwakilan Ormas, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan undangan lainnya.(*)

Comment