Resmi Diluncurkan, Ini Filosofi Logo Hari Jadi ke-604 Ketapang

KalbarOnline, Ketapang Pemerintah Kabupaten Ketapang meluncurkan logo peringatan Hari Jadi ke-604 Kota Ketapang yang diperingati setiap tanggal 11 Maret.

Logo berbentuk angka 604 dengan hiasan laut, gunung dan sayap burung Enggang itu dirancang oleh Hendrikus Frederik Lewomuda. Pria kelahiran 1982 asal Kumpai Panjang, Desa Bringin Raya, Kecamatan Tumbang Titi itu ditetapkan sebagai pemenang lomba desain logo setelah berhasil menyisihkan tujuh peserta lainnya.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ketapang Samson Nopen mengatakan, terdapat filosofi, mulai dari warna dan angka pada logo Hari Jadi ke-604 Ketapang.

Baca Juga :  Buat Keributan, ASN Dinas PUTR Ketapang Lempar Bom Molotov Saat Pelantikan Pejabat Berlangsung

“Warna merah pada angka 6 melambangkan keberanian. Sedangkan warna ungu pada angka 0 melambangkan kemakmuran dan warna hijau pada angka 4 melambangkan kesuburan,” kata Samson Nopen, Rabu, 2 Maret 2022.

Samson Nopen menyebut, gambar pegunungan dan lautan menyimbolkan akan kekayaan alam Ketapang yang berpotensi sebagai sektor penguat dan penopang kehidupan masyarakat.

Baca Juga :  Kukuhkan Tim Kampanye, Karolin Panaskan Mesin Politik di Ketapang

“Laut dan gunung, menggambarkan secara geografis dan sosial  masyarakat berada pantai dan gunung,” kata Samson.

Adapun sayap enggang dan tulisan Ketapang sehat, tangguh, maju, berbudaya dan sejahtera menyimbolkan visi dan misi pemerintahan Kabupaten Ketapang.

“Dari makna simbol pada logo ini, kita berharap Ketapang semakin maju,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment