by

Landak Raih Peringkat Terbaik Pengelolaan Dana Desa 2021, Karolin Bikin Terobosan Lagi

KalbarOnline, Landak – Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) menetapkan Landak sebagai kabupaten terbaik se-Indonesia dalam Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2021.

“Terima kasih atas penilaian dan kepercayaannya,” kata Bupati Landak Karolin Margret Natasa, Rabu 2 Maret 2022.

Kabupaten Landak menjadi yang terbaik dalam Pengelolaan Dana Desa TA 2021 berdasarkan paramater perencanaan, pengelolaan, penyaluran dan pertanggungjawaban.

Penilaian tersebut dihimpun dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) selama tahun anggaran oleh Direktorat Pelaksanaan Anggaran.

Kerhasilan Kabupaten Landak dalam mengelola Dana Desa ini, kata Karolin, tentunya hasil kerja keras Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Desa.

“Seluruh capaian kinerja tersebut tidak lepas dari dukungan dan komitmen kuat dari Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja, BPKAD dan Pimpinan OPD Penerima DAK,” kata Karolin.

Serta Kepala Desa yang telah bekerja keras dan bersinergi dengan Ditjen Perbendaharaan dalam menyusun langkah-langkah agar pelaksanaan anggaran bisa dilaksanakan dengan baik.

“Terpenting, dukungan dari masyarakat Kabupaten Landak,” kata Karolin.

Dengan mendapat penghargaan ini, kata Karolin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak akan terus berupaya sebaik mungkin dalam mengelola keuangan daerah, terutama Dana Desa.

Salah satu upaya yang dilakukan Kabupaten Landak tersebut, ungkap Karolin, berupa terobosan untuk menerapkan transaksi nontunai APBDes.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilaya Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Imik Eko Putro mengungkapkan, Kabupaten Landak meraih dua penghargaan.

Selain peringkat pertama dalam Pengelolaan Dana Desa, Kabupaten Landak juga meraih peringkat kedua dalam pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2021.

“Selamat kepada Pemkab Landak yang meraih dua prestasi tersebut. Terima kasih kepada Ibu Bupati beserta seluruh jajaran atas kerja kerasnya selama ini, demi mewujudkan pengelolaan keuangan yang semakin baik dan berkualitas,” ucap Imik Eko Putro.

BACA JUGA:  Kado Natal Bupati Landak: Desa Sebirang dan Amboyo Selatan Merdeka dari Gelap

Semoga, lanjut dia, prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk memenuhi indikator pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik dan berkualitas.

“Demi kemajuan Kabupaten Landak serta kesejahteraan masyarakat yang semakin meningkat,” kata Imik.(*)

Comment