Gelar Operasi Keselamatan Kapuas 2022, Polres Ketapang Sasar Pelanggar Lalin dan Prokes Covid-19

KalbarOnline, Ketapang Polres Ketapang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2022. Apel yang berlangsung di halaman Mapolres itu dipimpin langsung oleh Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, Selasa, 1 Maret 2022.

Apel yang diikuti jajaran Polres Ketapang Polda Kalbar, Kodim 1203 Ketapang, Dinas Perhubungan (Dishub), BPBD Ketapang serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ketapang ini mengusung tema ‘Melalui Operasi Keselamatan Kapuas 2022 kita wujudkan budaya tertib berlalulintas untuk menciptakan Kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan’.

Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana mengatakan, Operasi Keselamatan Kapuas 2022 ini akan dilaksanakan selama dua pekan mulai 1 Maret hingga 14 Maret 2022.

“Operasi Keselamatan Kapuas merupakan kegiatan operasi yang bersifat kemanusiaan dan cipta kondisi jelang bulan suci Ramadhan,” kata AKBP Yani Permana.

Baca Juga :  Dinas Pemdes Ketapang Sebut Tak Larang Wartawan Meliput: Kami Terbuka

Dalam amanat Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Suryanbodo Asmoro yang dibacakan Kapolres, digelarnya Operasi Keselamatan Kapuas 2022 adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat tentang protokol kesehatan. Kedua, meminimalisir potensi gangguan kamtibmas dan kecelakaan di jalan raya.

“Selain itu ada tujuh jenis sasaran penertiban pelanggaran dalam kegiatan operasi keselamatan ini yaitu pengendara yang menggunakan handphone di jalan raya, berbonceng lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan dibawah umur, mengemudi di bawah pengaruh alkohol, melawan arus, dan tidk menggunakan safety belt saat berkendara,” jelas AKBP Yani.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Minta Kepala OPD Biasakan Ekspos Kinerja di Media

Kapolres juga menegaskan, personil gabungan yang dilibatkan dalam operasi keselamatan Kapuas 2022 tersebut akan mengedepankan langkah persuasif dan humanis.

“Dalam operasi ini nanti tentunya kepolisian akan lebih mengedepankan pola-pola preemtif, kemudian preventif, persuasif, tegas dan humanis,” kata Yani Permana.

Mengakhiri amanat Kapolda Kalbar, Kapolres Ketapang menyampaikan target yang akan dicapai dalam operasi keselamatan ini di antaranya, turunnya angka kecelakaan, dan ketertiban masyarakat dalam berlalulintas dapat terwujud agar tercipta kamseltibcar lantas khususnya di wilayah hukum Polres Ketapang jajaran Polda Kalbar.

“Selain menargetkan, turunnya angka kecelakaan, tentu di masa pandemi ini akan kita maksimalkan upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19, guna menekan laju angka masyarakat terpapar Covid-19,” tutupnya. (Adi LC)

Comment