by

Fransiskus Diaan: Pramuka Garda Terdepan Perubahan Bangsa

KalbarOnline, Kapuas HuluPramuka memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk perubahan bangsa yang lebih baik. Terlebih lagi di era globalisasi saat ini. Teknologi ke depannya akan semakin maju, namun manusia adalah pelaku dari perkembangan yang ada.

“Mereka (Pramuka) ini adalah generasi yang sanggup menatap dan menghadapi tantangan ke depan,” kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan.

Hal itu disampaikan Fransiskus Diaan usai dilantik menjadi Ketua Dewan Pembimbing Cabang Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu masa bakti 2021-2026 oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie di Aula DPRD Kapuas Hulu, Selasa, 1 Maret 2022.

Fransiskus Diaan mengatakan, tantangan individualisme dan ancaman terhadap ideologi bangsa harus dihadapi. Karena itu, Fransiskus Diaan menegaskan, gerakan Pramuka harus jadi salah satu pilar pendidikan di Indonesia guna menghadapi tantangan tersebut.

“Pramuka harus memberi kontribusi nyata dalam hidup berbangsa dan selama ini itu sudah terlihat dan harus terus kita tingkatkan,” tegas Fransiskus Diaan.

Orang nomor satu di Bumi Uncak Kapuas ini juga menegaskan, gerakan Pramuka sangat diperlukan dalam mewujudkan revolusi mental dan nasionalisme building. Termasuk dalam menghadapi pandemi covid-19. Fransiskus Diaan pun mengapresiasi peran aktif Pramuka Kapuas Hulu dalam membantu pemerintah.

“Gerakan pramuka sangat dirasakan perannya di Kapuas Hulu. Dalam masa pandemi selalu hadir dalam kegiatan vaksinasi, termasuk kegiatan sosial lainnya. Ketika ada bencana alam atau korban tenggelam pramuka hadir,” pujinya.

Fransiskus Diaan: Pramuka Garda Terdepan Perubahan Bangsa
Ketua Dewan Pembimbing Cabang Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu Fransiskus Diaan melantik Wahyudi Hidayat sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu (Foto: Prokopim Kapuas Hulu)

Pramuka sangat membantu pemda dalam menanggulangi musibah. Sebab itu Fransiskus Diaan berkomitmen untuk terus bekerjasama dengan Pramuka.

“Kita masih perlu kerjasama dalam menanggulangi Pandemi Covid-19,” kata dia.

Dalam kesempatan itu Bupati Fransiskus Diaan juga melantik Wahyudi Hidayat sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu beserta anggotanya. Di kesempatan yang sama pula dilaksanakan pelantikan Lembaga Pemeriksa Keuangan dan Dewan Kerja Cabang, Gerakan Pramuka Kwarcab Kapuas Hulu masa bakti 2021-2026.

BACA JUGA:  Kapuas Hulu Antisipasi Masuknya Varian Omicron

Comment