Minta Presiden Jokowi Evaluasi Menag Yaqut, Persatuan Orang Melayu: Kalau Bisa Copot Saja

KalbarOnline, PontianakPersatuan Orang Melayu (POM) meminta Presiden Joko Widodo mengevaluasi Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Hal ini menyusul pernyataan Menag Yaqut yang menganalogikan suara adzan layaknya gonggongan anjing.

POM menilai Menag Yaqut telah berulang kali membuat kontroversi dan menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat sehingga patut untuk dievaluasi Presiden.

“Kami meminta Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi kinerja Menag, karena ini sudah berulang kali. Apa yang disampaikan Menag menimbulkan keriuhan dan kericuhan. Dan ini (soal adzan) yang paling besar. Menimbulkan eskalasi, unjuk rasa di daerah, tentu ini sangat tidak baik,” kata Ketua POM Agus Setiadi, Senin, 28 Februari.

Baca Juga :  Ini Jadwal Kunjungan Presiden Jokowi Selama Dua Hari di Kalbar

Padahal kata Agus, masih banyak urusan keagamaan di bawah Kementerian Agama yang harus dikerjakan, daripada mengurus masalah-masalah yang sangat sensitif dan perlu sikap kehati-hatian.

“Kami tak ingin di Kalbar ini gara-gara persoalan ini dapat menimbulkan disharmoni yang bisa berefek pada konflik SARA, gara-gara pertentangan soal suara adzan dan sebagainya. Kita tidak ingin ini terjadi di Kalbar, gara-gara ucapan Menag,” kata Agus.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Sampaikan Duka Mendalam Tragedi Kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan

Terlebih lagi di situasi pandemi Covid-19 saat ini. Ekonomi masyarakat sedang sulit ditambah dengan kegaduhan yang menurutnya sangat merusak perkembangan pembangunan dan juga merusak kehidupan bermasyarakat, menimbulkan kegaduhan yang tidak perlu, yang bisa merembet pada intoleransi dan hal negatif lainnya.

“Mohon Pak Presiden Jokowi segera evaluasi, kalau bisa copot saja Menag dan cari Menag yang bisa menyejukkan dan mendamaikan, bisa merangkul semua kalangan, membuat masyarakat tenang, adem,” pungkas Agus.

Comment