Sutarmidji Ingin Pacu Prestasi Atlet Perorangan, KONI Pusat Malah Minta Olahraga Klub Jadi Unggulan

KalbarOnline, Pontianak – Kontras. Gubernur Kalbar Sutarmidji ingin prestasi atlet perorangan dipacu. Sementara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat malah mendorong Cabang Olahraga (Cabor) klub jadi unggulan.

Keinginan yang kelihatan bertolak belakang itu terungkap ketika Pengukuhan Kepengurusan KONI Kalbar Periode 2021-2025 di Hotel Aston Pontianak, Selasa 22 Februari 2022.

Sutarmidji memiliki alasan tersendiri untuk lebih dulu memacu prestasi atlet perorangan ketimbang klub di Kalbar. “Karena biayanya lebih murah dan atletnya banyak,” jelasnya.

Sementara untuk olahraga yang bersifat klub atau kelompok, bagi Sutarmidji, untuk saat ini dilakukan pembinaan saja terlebih dahulu.

Menurut Sutarmidji, atlet perorangan di Kalbar cukup potensial untuk menorehkan prestasi. Di antaranya Cabor panahan.

Baca Juga :  Sampaikan Ucapan Duka Cita atas Gugurnya Kru KRI Nanggala 402, Sutarmidji: Semoga Ada Mukjizat Allah
Baca Juga :  Midji Minta Kepala Daerah Pahami Soal Alokasi Vaksin

“Orang nyumpit saja bisa bagus begitu. Dengan mulut ya, apalagi panahan dengan tangan. Saya rasa bisa, tinggal dibina,” kata Sutarmidji.

Kalbar juga potensial mengembangkan Cabor atletik. Banyak anak daerah yang hobi lari jarak jauh. “Tinggal bagaimana membina kemampuannya agar lebih terarah,” ucap Sutarmidji.

Sementara Ketua KONI Pusat Marciano Norman mengharapkan Kalbar menjadikan olahraga dayung yang notabene Cabor klub, menjadi unggulan Kalbar.

Norman beralasan, untuk menentukan mana saja yang mesti menjadi Cabor unggulan, harus disesuaikan dengan medan suatu daerah.

Kalbar yang memiliki Sungai Kapuas, sebagai sungai terpanjang di Indonesia, mesti menjadikan dayung sebagai Cabor unggulan. “Kalbar harus unggul di olahraga dayung,” kata Norman.

Norman berharap kepengurusan KONI Kalbar yang baru dikukuhkan ini menjadikan olahraga dayung sebagai prioritas ke depannya.

Dengan konsentrasi pada Cabor unggulan, Norman optimis peringkat Kalbar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-23 Tahun 2024 di Aceh bisa meningkat.(*)

Comment