Bupati Fransiskus Diaan Resmikan Gedung Pusat Promosi Kerajinan Kapuas Hulu

KalbarOnline, Kapuas HuluBupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meresmikan gedung pusat promosi kerajinan Kapuas Hulu di Jalan Lintas Utara, Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara, Senin, 21 Februari 2022.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Perindustrian Kabupaten Kapuas Hulu Iwan Setiawan mengatakan, gedung pusat promosi kerajinan Kapuas Hulu ini dibangun bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp879 juta.

“Gedung pusat promosi kerajinan Kapuas Hulu ini hanya berbentuk fisik, belum ada isinya di dalam, baik untuk dekorasi dan lain sebagainya. Adapun ukuran gedung panjang 19 meter dan lebar 9,8 meter,” kata Iwan Setiawan.

Iwan Setiawan berharap, gedung pusat promosi kerajinan Kapuas Hulu ini dapat dimanfaatkan untuk menggali potensi unggulan daerah khususnya hasil kerajinan para pengerajin.

Baca Juga :  AKBP Gelar Bhakti Sosial Bersihkan Halaman Masjid Al Ikhlas

“Selama ini kami sudah melakukan pelatihan, Bimtek, memberikan bantuan peralatan dan bahan baku tenun atau lainnya kepada para pengerajin yang ada,” kata Iwan Setiawan.

Sementara Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan, dengan terbangunnya gedung tersebut dapat merealisasikan visi misi menuju Kapuas Hulu Hebat.

“Semoga dengan dibangunnya gedung ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Fransiskus Diaan.

Fransiskus Diaan berpesan kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk betul-betul menjaga produk unggulan khas Kapuas Hulu. Seperti misalnya Kain Tenun Sidan. Di mana, Kain Tenun Sidan itu kata Fransiskus Diaan, pernah diklaim oleh negara tetangga.

Baca Juga :  Serahkan 7.018 Sertifikat Tanah Warga Selimbau, Fransiskus Diaan: Gunakan Sebaik Mungkin

“Namun berhasil dipertahankan karena Kain Tenun Sidan itu (memang) kerajinan Iban Kapuas Hulu,” kata Fransiskus Diaan

Orang nomor satu di Bumi Uncak Kapuas ini meminta kepada seluruh stakeholder agar ikut serta mempromosikan tempat tersebut, di mana bila ada tamu dari luar bisa diarahkan ke gedung pusat promosi kerajinan Kapuas Hulu ini untuk membantu para pengerajin dalam menjual produknya.

“Ketika PLBN buka nanti, masyarakat dari negara luar diharapkan bisa melihat dan membeli produk pengerajin Kapuas Hulu,” pungkas Fransiskus Diaan.

Comment