Ria Norsan Dorong Desa di Kalbar Ikut ADWI 2022, Ini Tujuannya…

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan mendorong desa-desa di Kalbar mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Saya berharap desa di Kalbar bisa mengikuti ADWI 2022 ini,” kata Ria Norsan usai zoon meeting dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, kemarin.

Menurut Norsan, desa-desa di Kalbar bisa mengikuti ADWI 2022 sesuai kategori yang telah ditentukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga :  Infrastruktur Dasar Kabupaten Sintang Rusak, Jarot Winarno: Karena Kemampuan Anggaran Kita Menurun

Adapun kriteria ADWI 2022 tersebut terdiri atas Daya Tarik Wisata Pengunjung, Homestay, Souvenir, Kreatif dan Digital, Toilet Umum, CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian lingkungan), serta Kelembagaan Desa Wisata.

Menurut Norsan, dengan mengikuti even ADWI 2022 ini, pariwisata dan ekonomi kreatif di desa bisa meningkat saat pandemi Covid-19.

Baca Juga :  DPRD Kalbar Masih Pending Rencana Pemprov Jual 17 Aset

“Tujuannya adalah untuk membangkitkan wisata di Indonesia selama pandemi Covid-19,” jelas Norsan.

Masyarakat, tambah dia, dapat menikmati keindahan alam Indonesia dengan berlibur ke desa-desa yang sudah dikategorikan sebagai Desa Wisata Indonesia.

“Jadi, Desa Wisata Indonesia memiliki keanekaragaman dan kreativitas, baik kuliner, sumber daya alam, maupun lainnya,” pungkas Norsan.(*)

Comment