by

Pinjam Pakai Lahan Kodam XII/Tpr, Wako Pontianak Bakal Revitalisasi Kawasan Tugu Khatulistiwa

Teken Kesepakatan Pinjam Pakai Lahan dengan Pangdam XII/Tpr

KalbarOnline, PontianakKawasan Tugu Khatulistiwa sebagai aset milik TNI AD, dalam hal ini Kodam XII/Tpr, dipinjampakaikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Pinjam pakai lahan yang berlokasi di Jalan Khatulistiwa Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara tersebut ditandai dengan penandatanganan antara kedua belah pihak, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto dan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Makodam XII/Tpr, Jumat, 18 Februari 2022. Penandatanganan kesepakatan tersebut juga dihadiri Danlanud Supadio, Marsma TNI Deni Hasoloan dan Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto.

Edi Kamtono menyatakan, kesepakatan ini merupakan perjanjian pinjam pakai aset milik TNI AD kepada Pemkot Pontianak. Kawasan Tugu Khatulistiwa sebagai destinasi wisata memang selama ini pengelolaannya di bawah Pemkot Pontianak. Pihaknya juga telah mengalokasikan anggaran untuk penataan termasuk renovasi Tugu Khatulistiwa pada tahun ini.

“Mudah-mudahan dengan dikelolanya lahan tersebut oleh Pemkot Pontianak bisa dimanfaatkan secara optimal dan menjadi daya tarik wisata khas Kota Pontianak,” ujar Edi Kamtono.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dan Pangdam XII Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto menandatangani kesepakatan pinjam pakai lahan Tugu Khatulistiwa
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dan Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto menandatangani kesepakatan pinjam pakai lahan Tugu Khatulistiwa (Foto: Prokopim)

Selain menjadi destinasi wisata, diharapkan kawasan Tugu Khatulistiwa ini memberikan dampak bagi kesejahteraan warga sekitar dan Kota Pontianak. Sebab dengan berkembangnya objek wisata di kawasan ini, imbasnya adalah perekonomian masyarakat ikut meningkat.

“Atas nama Pemkot Pontianak, saya sangat mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Pangdam XII/Tanjungpura karena telah memberikan pinjam pakai lahan di Tugu Khatulistiwa untuk dikembangkan menjadi daya tarik wisata,” kata Edi Kamtono.

Sementara Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto mengatakan, penandatanganan kesepakatan pinjam pakai lahan Tugu Khatulistiwa ini merupakan momen yang istimewa karena dihadiri jajaran TNI AD, TNI AU dan TNI AL.

BACA JUGA:  Jepin Massal Semarakan Hari Jadi Pontianak ke-247

“Nanti kalau penataan kawasan itu sudah jadi, Danlanud akan lewat udara, kemudian Danlantamal lewat sungai untuk menyaksikannya,” kata Sulaiman Agusto.

Pangdam berharap dalam pembangunan kawasan Tugu Khatulistiwa berjalan lancar. Untuk itu jajaran Pemkot Pontianak dan Kodam XII/Tpr diminta terus berkoordinasi supaya kelanjutan pinjam pakai bisa berjalan lancar.

“Kita berharap dalam waktu yang sesingkat-singkatnya pembangunan ini bisa berjalan sehingga kita memiliki tempat untuk berfoto-foto dan lainnya,” ucap dia.

Mayjen TNI Sulaiman Agusto mengungkapkan, hampir setiap orang yang berkunjung ke Pontianak, mereka ingin mengunjungi Tugu Khatulistiwa sebagai landmark Kota Pontianak. Bahkan beberapa waktu lalu Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) juga sempat berkunjung ke Tugu Khatulistiwa dengan menggunakan kapal melalui sungai.

“Setiap orang yang datang pasti inginnya ke Tugu Khatulistiwa, tetapi setelah sampai di sana mungkin agak kecewa dengan melihat kondisi seperti itu,” tuturnya.

Pangdam berharap Pemkot Pontianak segera merevitalisasi kawasan Tugu Khatulistiwa sehingga jika orang datang berkunjung, landscape yang terlihat jauh lebih bagus.

“Mudah-mudahan ini berjalan lancar dan segera bisa kita nikmati keindahan Kota Pontianak di Tugu Khatulistiwa,” pungkas Mayjen TNI Sulaiman Agusto. (J)

Comment