RSUD Landak Punya Gedung Khusus Perawatan Bayi

KalbarOnline, Landak – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Landak memiliki Neonatal Intensive Care Unit (NICU), gedung khusus perawatan bayi.

“Seandainya terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, maka NICU inilah fasilitas yang kita siapkan,” kata Bupati Landak Karolin Margret Natasa, ketika meresmikan Gedung NICU RSUD Landak, Selasa 15 Februari 2022.

Karolin menjelaskan, Gedung NICU RSUD Landak merupakan ruang untuk bayi-bayi yang memerlukan perawatan intensif dan khusus, seperti berat badan rendah, fungsi pernafasan kurang sempurna dan prematur.

Baca Juga :  Bupati Karolin Ajak Pelaku Usaha Terus Berinovasi di Masa PPKM Mikro

Selain itu Gedung NICU juga untuk bayi yang mengalami kesulitan dalam persalinan, atau menunjukan tanda-tanda mengkhawatirkan dalam beberapa hari pertama kehidupan.

Keberadaan Gedung NICU di RSUD Landak ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak untuk mengentaskan angka kematian pada bayi.

“Angka kematian ibu dan bayi memang terus menurun di Kabupaten Landak. Tetapi ini belum ideal. Sehingga kita berharap masih bisa terus diturunkan dari hulu hingga ke hilirnya,” kata Karolin.

Baca Juga :  Melalui Safari Ramadhan, Kapolsek Menjalin Ajak Warga Terus Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Menurut Karolin, NICU ini hilirnya, sementara hulunya mulai dari perawatan dan persiapan ibu yang hamil dan akan melahirkan.

Selain Gedung NICU, Karolin juga meresmikan Kamar Operasi Modular dan menerima Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR).

Laboratorium PCR ini merupakan bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar untuk RSUD Landak.

Laboratorium ini untuk mendeteksi keberadaan material genetic dari sel, bakteri atau virus terutama untuk mendeteksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).(*)

Comment