IKBKH Sintang Jadi Perekat dan Wadah Pemersatu

IKBKH Sintang Jadi Perekat dan Wadah Pemersatu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Keberadaan Ikatan Keluarga Besar Kapuas Hulu (IKBKH) Kabupaten Sintang diharapkan menjadi perekat serta wadah untuk mempersatu warga Kabupaten Kapuas Hulu yang berada di Sintang dengan beragam latar belakang agama dan suku.

“Serta dapat turut memberikan andil dalam membentuk komunikasi dua arah yang optimal, baik di antara komunitas IKBKH dengan Pemerintah Daerah maupun dengan komunitas atau lapisan suku bangsa lainnya,” kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat saat hadir pada HUT ke-XIV IKBKH Sintang bersama Bupati Sintang Jarot Winarno, Rabu malam, 2 Februari 2022.

Dalam kesempatan itu pula Wabup Wahyudi menyampaikan, IKBKH merupakan organisasi dan modal sosial pembangunan yang visioner. Dia pun berharap agenda kerja atau kegiatan IKBKH sebisa mungkin dirancang secara sistematis, tidak bersifat temporer pada waktu- waktu tertentu semata, serta harus sejalan dengan visi misi Kapuas Hulu HEBAT.

Baca Juga :  Bupati Jarot Minta Pertamina Bangun SPBU di Wilayah Perbatasan

“Fungsi dan peran strategis IKBKH, baik itu secara internal maupun eksternal harus dapat dijalankan dengan sebaik- baiknya, kami yakin dan optimis jika hal tersebut dapat diwujudkan, maka IKBKH bukan saja akan benar-benar eksis, tetapi juga akan benar-benar berdaya dan berhasil sebagai modal sosial pembangunan, baik di Kabupaten Kapuas Hulu maupun di Kabupaten Sintang,” tutupnya.

Warga Kapuas Hulu berkontribusi bangun Sintang

Sementara Bupati Sintang Jarot Winarno dalam sambutannya yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J menyampaikan bahwa Pemkab Sintang sangat mengapresiasi silaturahmi warga Kabupaten Sintang yang berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu yang bertepatan dengan hari ulang tahun Ikatan Keluarga Besar Kapuas Hulu (IKBKH) Kabupaten Sintang ke-14 tahun 2022 ini.

“14 tahun ini, usia yang sedang berkembang. Jumlah warga Kabupaten Sintang yang berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu ini mencapai 3000an. Yang ada di Kecamatan Sintang saja mencapai 2000an orang. Kami mengakui warga asal Kapuas Hulu ini sudah berkontribusi dalam membangun Kabupaten Sintang. Mereka sudah bersosialisasi dengan warga asli Kabupaten Sintang,” katanya.

Baca Juga :  Sekda Sintang Pimpin Rombongan Lintas Sektor Kunjungi Seminari Menengah Teluk Menyurai

“Bahkan beberapa tahun lalu, warga Kapuas Hulu pernah menjadi Wakil Bupati Sintang yakni Bapak Ignasius Juan. Ini menunjukan bahwa Sintang sangat welcome terhadap siapa saja. Sintang terbuka bagi siapa saja yang ingin membangun. Warga Kapuas Hulu sudah banyak membangun Sintang dan masih banyak warga Kapuas Hulu yang sudah berkiprah dalam membangun Sintang ini,” kata dia.

Dia menegaskan, dalam membangun Sintang, diperlukan kerjasama yang baik antar semua pihak di dalamnya.

“Silaturahmi ini, ke depan semoga semakin banyak warga Kapuas Hulu yang ada di Kabupaten Sintang yang hadir bersama kita,” pungkas Yustinus. (Haq/Fat)

Comment